Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemendikbud Bakal Gelar Pekan Kebudayaan Nasional

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) pada 7-13 Oktober 2019 di Istora Senayan dan Parkir Selatan Gelorang Bung Karno, Jakarta. Acara ini bertujuan memajukan kebudayaan Indonesia dengan konsep yang tidak jauh berbeda dengan Pekan Olahraga Nasional (PON).

Bisnis.com, JAKARTA— Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) pada 7-13 Oktober 2019 di Istora Senayan dan Parkir Selatan Gelorang Bung Karno, Jakarta. Acara ini bertujuan memajukan kebudayaan Indonesia dengan konsep yang tidak jauh berbeda dengan Pekan Olahraga Nasional (PON).
 
Pekan Kebudayaan Nasional merupakan wujud implementasi dari salah satu agenda strategi pemajuan kebudayaan yang telah disepakati dalam Kongres Kebudayaan Indonesia 2018, yaitu menyediakan ruang bagi keberagaman ekspresi budaya, serta mendorong interaksi budaya guna memperkuat kebudayaan yang inklusif.
 
PKN 2019 digelar mulai dari dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota, hingga provinsi sehingga cakupan kegiatan makin luas dan menjangkau masyarakat luas. Skema tersebut diharapkan bisa berdampak luas dan menciptakan ruang interaksi maupun ekosistem kebudayaan yang baik di masyarakat.
 
Adapun aktivitas utama yang akan dilaksanakan  adalah Kompetesi Daerah, Kompetisi Nasional, dan Konferensi Pemajuan Kebudayaan. Kompetisi daerah merupakan kompetisi seni khas dari setiap provinsi di Indonesia.
 
Selain itu, Kompetisi Nasional akan diisi dengan kompetisi permainan tradisional yang dilaksanakan secara berjenjang, dari desa hingga ibu kota. Sementara itu,  Konferensi Pemajuan Kebudayaan adalah ruang pencerahan publik yang bertujuan untuk mempersiapkan perencanaan pembangunan berbasis kebudayaan.
 
PKN 2019 juga bakal diisi dengan kegiatan ekshibisi kebudayaan berupa pameran artefak-artefak kebudayaan, purwarupa teknologi pemajuan kebudayaan hasil inovasi dari Kemah Budaya Kaum Muda, serta karya-karya unggulan dari kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.
 
Peserta juga dapat menyaksikan Pergelaran Karya Budaya Bangsa, yaitu pertunjukan seni dan pawai dengan tema parade digdaya nusantara yang menggalang partisipasi dari pelaku budaya se-Indonesia. Beberapa pergelaran seni yang akan ditampilkan meliputi defile tarian tradisional, koreografi bela diri, dan rampak perkusi nusantara.
 
PKN 2019 diharapkan tidak hanya menghadirkan para artis, musisi, seniman, budayawan, dan  permainan tradisional tetapi juga sebagai ruang interaksi budaya untuk semua kalangan. PKN juga didesain untuk menyediakam ruang yang ramah bagi penyandang disabilitas. Tidak hanya disabilitas fisik, tetapi juga untuk penyandang disabilitas mental serta neurodisabilitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper