Lembaga Kajian Nawacita dan Pelangi Kebangsaan Sinergi untuk Peningkatan Kualitas SDM

Ketua Umum LKN Samsul Hadi mengatakan bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan bagian dari target pemerintahan Joko Widodo pada periode kedua.
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 12 September 2019  |  17:09 WIB
Lembaga Kajian Nawacita dan Pelangi Kebangsaan Sinergi untuk Peningkatan Kualitas SDM
Ketua Umum Lembaga Kajian Nawacita (LKN) Samsul Hadi (ketiga kanan) saat menandatangani kerja sama dengan Ketua Umum Pelangi Kebangsaan Johanes W Nurwono (ketiga kiri). - Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA — Lembaga Kajian NawaCita (LKN) menjalin kerja sama dengan Pelangi Kebangsaan (Pelangi) yang menitikberatkan pada pembangunan sumber daya manusia yang unggul, profesional, dan memiliki kecintaan kepada bangsa.

Ketua Umum LKN Samsul Hadi mengatakan bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan bagian dari target pemerintahan Joko Widodo pada periode kedua.

“Pada pemerintahan periode kedua, Presiden Jokowi mencanangkan program Nawacita terkait masalah Sumber Daya Manusia (SDM). LKN bisa bersama dengan pihak-pihak lain untuk bisa menyiapkan Blueprint Peningkatan Kualitas SDM menuju Indonesia Unggul,” ujarnya melalui keterangan resmi, Kamis (12/9/2019).

Menurutnya, kerja sama antara kedua lembaga itu terkait dengan pengembangan SDM yang memiliki keunggulan dari sisi keahlian, budi pekerti, berjiwa Pancasila, nasionalis, toleran, dan menjunjung semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Sementara itu, Ketua Umum Pelangi Kebangsaan Johanes W Nurwono mengatakan bahwa SDM Unggul tidak hanya dari sudut kecerdasan dan keterampilan, tetapi perlu ditunjang dengan karakter dan berbudi luhur.

Dia menjelaskan, konsep manusia Indonesia seutuhnya adalah manusia Indonesia yang berjiwa nasional Pancasilais sesuai falsafah kehidupan berbangsa dan bernegara yg digali dari budaya dan sejarah kehidupan bangsa Indonesia yang toleran dan relijius.

“Bangsa yang selalu menghargai dan menghormati keberagaman, bergotong royong saling tolong menolong dan mendahulukan kepentingan orang banyak, masyarakat luas bangsa dan negara,” katanya.

Johanes menyatakan dengan karakter dan mental yang kuat, negara akan kuat. Masyarakat tidak akan mudah terpengaruh dan tergoda melakukan tindakan yg dapat merugikan dan merongrong sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Untuk menjangkau semua pemikiran dan konsepsi manusia Indonesia yang unggul, nantinya dikembangkan kerja sama strategis dan menghasilkan kriteria-kriteria serta langkah agar pemerintah dapat memprogram SDM Unggul untuk membawa kejayaan Indonesia menjadi bangsa yang besar, makmur, sejahtera dan membawa perdamaian dan teladan bagi dunia.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sdm, nawacita

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top