Menristekdikti Usul UTBK Dipercepat, Siswa SMA Protes di Media Sosial

Usulan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir agar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2020 dimajukan menjadi akhir 2019 ditentang banyak siswa SMA.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 13 Agustus 2019  |  18:27 WIB
Menristekdikti Usul UTBK Dipercepat, Siswa SMA Protes di Media Sosial
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir (tengah) saat menjawab wartawan usai melakukan e-learning di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta, Sabtu (2/2/2019). - Dok. Kemristediktikti

Bisnis.com, JAKARTA - Usulan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir agar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2020 dimajukan menjadi akhir 2019 ditentang banyak siswa SMA.

Mohamad Nasir berujar inisiatif ini ia ambil dengan harapan para siswa sudah mengetahui dirinya diterima di perguruan tinggi dan prodi tertentu sebelum Ujian Nasional (UN) dilaksanakan.

Ternyata hal ini menimbulkan kontroversi di jejaring media sosial Twitter, karena banyak siswa SMA yang mengeluh pemerintah dianggap lebih terfokus pada kelulusan Ujian Nasional (UN) yang digelar pada awal 2020.

Padahal menurut mereka, kelulusan UTBK untuk SBMPTN jauh lebih penting karena menentukan kuota kursi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kelak, sehingga harusnya disediakan waktu yang lebih lama untuk mempersiapkannya.

"Saya rasa yang harus dipersiapkan adalah UTBK bukan UN," tulis akun @urftepconis.

"gue gasetuju. utbk itu yg menentukan buat ke jenjang selanjutnya (ptn), sedangkan un hanya berapa persen buat menentukan kelulusan. jd disini utbk lebih penting drpada un (bukannya menyepelekan), yang sebenarnya harus dipersiapkan lebih lama agar lebih matang jelas utbk bukan un," ujar echinodereye.

"((Siswa tinggal mengejar UN mereka)) Untuk : Bapak Menristekdikti Fyi aja pak kalo aku jadi mereka dan misal utbk lolos aku ga akan peduliin UN, juga kalo utbk ga lolos mana bisa fokus UN. Kurang efektif sih menurutku kalo utbk jadi akhir tahun ini:( Yg sabar ya dek adek," ujar akun @ixiannisa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ujian nasional

Editor : Andhika Anggoro Wening
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top