DUBES RI UNTUK POLANDIA SITI N MAULUDIAH : Menjaga Hubungan Baik dengan Polandia

Menjelang peringatan 65 tahun hubungan bilateral Indonesia-Polandia, Duta Besar RI untuk Polandia Siti Nugraha Mauludiah menyatakan komitmen Indonesia untuk memperkuat kerja sama yang telah terjalin selama ini.
Puput Ady Sukarno & Fitri Sartina Dewi Puput Ady Sukarno & Fitri Sartina Dewi | 18 Juli 2019 21:51 WIB
DUBES RI UNTUK POLANDIA SITI N MAULUDIAH : Menjaga Hubungan Baik dengan Polandia
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi (kanan) dan Menteri Luar Negeri Polandia Jacek Czaputowicz (kiri) memberikan keterangan bersama saat melakukan pertemuan bilateral di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin (26/11/2018). - Bisnis/Iim Fathimah Timorria

Bisnis.com, JAKARTA – Menjelang peringatan 65 tahun hubungan bilateral Indonesia-Polandia, kedua negara berkomitmen untuk memperkuat kerja sama yang telah terjalin selama ini. Untuk menggali lebih jauh mengenai peluang kerja sama, Bisnis berkesempatan mewawancarai Duta Besar RI untuk Polandia Siti Nugraha Mauludiah. Berikut petikannya:

Bagaimana perkembangan hubungan bilateral Indonesia-Polandia sejauh ini? Apa saja milestone penting bagi hubungan kedua negara?

Hubungan bilateral yang dimulai sejak 1955 terus tumbuh, dan berkembang cukup baik hampir di semua sektor yaitu politik dan pertahanan, perdagangan dan investasi, energi, kesehatan, pertanian, maritim, pendidikan, dan sektor lainnya.

Pada tahun depan, Indonesia dan Polandia akan memperingati 65 tahun hubungan bilateral kedua negara. Indonesia dan Polandia juga sama-sama menjadi anggota tidak tetap dari Dewan Keamanan PBB.

Selain itu, di bidang pertahanan dan keamanan, Indonesia dan Polandia baru saja menandatangani joint defence cooperation. Kunjungan kepala negara juga sudah beberapa kali dilakukan, tetapi kami sedang mengupayakan agar Presiden Polandia bisa melakukan kunjungan ke Indonesia, karena kepala negara Polandia terakhir melakukan kunjungan pada 2013.

Hubungan tidak hanya terjadi pada tingkat eksekutif, tetapi juga di tingkat legislatif, dan antarmasyarakat [people-to-people contacts]. Polandia juga cukup memberikan dukungan kepada Indonesia berkaitan dengan persoalan palm oil. Mereka memberikan kesempatan kepada Indonesia melalui forum-forum untuk menyosialisasikan mengenai palm oil.

Sumber : Bisnis Indonesia

Tag : polandia
Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top