Guatemala Akan Buka Kembali Kantor Perwakilan di Indonesia

Guatemala memandang bahwa ke depan pembangunan ekonomi dunia akan terpusat di kawasan Asia. Oleh karena itu, Guatemala menilai penting untuk membuka perwakilan langsung di Indonesia.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 18 Juli 2019  |  23:16 WIB
Guatemala Akan Buka Kembali Kantor Perwakilan di Indonesia
Bendera Guatemala - Coutries123

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah Guatemala berencana akan kembali membuka kantor perwakilan diplomatiknya di Indonesia, setelah sempat ditutup selama 26 tahun.

Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah mengatakan, Indonesia dan Guatemala mulai membuka hubungan diplomatik sejak 1992. Segera setelahnya, Guatemala juga telah membuka kantor kedutaannya di Jakarta. Namun, Kantor Kedutaan Besar Guatemala terpaksa tutup akibat krisis ekonomi yang dihadapi negara Amerika Tengah tersebut.

Faizasyah menilai pembukaan kembali perwakilan diplomatik Guatemala di Indonesia merupakan suatu perkembangan yang positif.

"Kita lihat banyak negara semakin memandang penting Indonesia dalam konteks hubungan bilateral dan peran Indonesia di kawasan," ujar Faizasyah di Kantor Kemenlu, Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Dia mengatakan, Guatemala memandang bahwa ke depan pembangunan ekonomi dunia akan terpusat di kawasan Asia. Oleh karena itu, Guatemala menilai penting untuk membuka perwakilan langsung di Indonesia.

Pada Jumat (19/7), Wakil Menteri Luar Negeri Guatemala Luis Fernando Carranza Cifuentes dijadwalkan akan bertemu dengan perwakilan Kemenlu RI untuk membahas rencana pembukaan kembali kedutaan besar Guatemala.

"Mudah-mudahan bisa direalisasikan, sebelum September mereka sudah kirim perwakilannya untuk berkantor di Jakarta," kata Faizasyah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
indonesia

Editor : Andhika Anggoro Wening
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top