Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

AS Pertimbangkan Suaka Sementara untuk Warga Venezuela

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan sedang mencari kemungkinan memberikan suaka sementara kepada ribuan warga Venezuela yang telah melarikan diri ke Amerika Serikat di tengah kekacauan politik di negara mereka.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 12 Juni 2019  |  06:37 WIB
Pengungsi Venezuela duduk di luar kantor layanan perbatasan Binational Border Service Center Peru, di perbatasan dengan Ekuador, di Tumbes, Peru, Jumat (24/8). - Reuters/Douglas Juarez
Pengungsi Venezuela duduk di luar kantor layanan perbatasan Binational Border Service Center Peru, di perbatasan dengan Ekuador, di Tumbes, Peru, Jumat (24/8). - Reuters/Douglas Juarez

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan sedang mencari kemungkinan memberikan suaka sementara kepada ribuan warga Venezuela yang telah melarikan diri ke Amerika Serikat di tengah kekacauan politik di negara mereka.

Trump mengatakan situasi di Venezuela yang mengerikan telah lama terjadi sehingga pemerintahannya memandang perlu memberikan status kewarganegaraan sementara kepada warga Venezuela "dengan sangat serius".

Langkah tersebut bertentangan dengan sikap Trump yang keras terhadap imigrasi. Pemerintahannya telah menghentikan Status Perlindungan Sementara (TPS) untuk banyak negara. 

Dia juga telah menerapkan kebijakan "toleransi nol" di perbatasan selatan AS.

TPS diberikan kepada orang-orang dari negara-negara yang dilanda bencana alam atau perang dan membiarkan mereka tetap berada di AS sampai situasinya membaik di negara asal.

Dua panel kongres telah mengajukan rancangan undang-undang tingkat lanjut yang memberikan perlindungan kepada rakyat Venezuela seperti dikutip Aljazeera.com, Rabu (12/6/2019).

Venezuela, negara yang dulunya kaya minyak kini menghadapi kelangkaan barang-barang kebutuhan pokok selain menghadapi hiperinflasi akibat kekacauan politik.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat venezuela Donald Trump
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top