Antisipasi Bencana di Objek Wisata, Kepolisian Gelar Operasi Ronda Merapi

Operasi Ronda Merapi akan fokus pada antisipasi kejadian dan bencana di DIY, khususnya di objek-objek wisata yang memiliki daya tarik tinggi bagi para wisatawan.
Antisipasi Bencana di Objek Wisata, Kepolisian Gelar Operasi Ronda Merapi Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali | 08 Juni 2019 09:03 WIB
Antisipasi Bencana di Objek Wisata, Kepolisian Gelar Operasi Ronda Merapi
Aktivitas Gunung Merapi terlihat dari kawasan Deles Indah, Sidorejo, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. - ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Bisnis.com, YOGYAKARTA — Pihak Kepolisian menggelar Ronda Merapi, operasi antisipasi terhadap kejadian dan bencana di objek-objek wisata sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ronda Merapi, yang merupakan bagian dari Operasi Ketupat 2019, dilakukan oleh pihak kepolisian bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana, serta mitra dan relawan lain di DIY.

Operasi Ronda Merapi akan fokus pada antisipasi kejadian dan bencana di DIY, khususnya di objek-objek wisata yang memiliki daya tarik tinggi bagi para wisatawan.

Berkaitan dengan operasi tersebut, pada H+2 lebaran atau Jumat (7/6/2019), Kepala Pelaksana BPBD DIY melakukan kunjungan ke pos pemantauan kesiapsiagaan Merapi. Kunjungan dimulai dari sektor Barat (Pos Aju SAR DIY yang berlokasi di Wonokerto, Turi, Sleman), Sektor Tengah (Ngrangkah, Umbulharjo, Cangkringan) dan sektor timur (Pos Pantau Lapangan Instiper yang berlokasi di Kalitengah Kidul, Glagaharjo, Cangkringan).

Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menetapkan status Gunung Merapi saat ini masih waspada. Pada Jumat (7/6/2019), BPPTKG merekam dua gempa guguran pada rentang pukul 12.00–18.00 WIB.

(Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Mutiara Nabila, Wibi Pangestu Pratama, Ni Putu Eka Wiratmini)

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jelajah Jawa-Bali

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top