KPU Sudah Usulkan Besaran Santunan untuk Penyelenggara Pemilu yang Meninggal

Besaran santunan yang hendak diberikan pemerintah kepada penyelenggara pemilu yang meninggal atau sakit saat bertugas pada hari pemungutan suara belum ditentukan. Akan tetapi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengusulkan besaran santunannya.
Lalu Rahadian
Lalu Rahadian - Bisnis.com 25 April 2019  |  13:59 WIB
KPU Sudah Usulkan Besaran Santunan untuk Penyelenggara Pemilu yang Meninggal
Petugas KPPS melakukan penghitungan suara Pilpres di TPS 222 Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 1 Cengkareng, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Rabu (17/4/2019). - ANTARA/Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA - Besaran santunan yang hendak diberikan pemerintah kepada penyelenggara pemilu yang meninggal atau sakit saat bertugas pada hari pemungutan suara belum ditentukan. Akan tetapi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengusulkan besaran santunannya.

Komisioner KPU RI Viryan mengatakan besaran santunan yang diusulkan lembaganya berkisar Rp30 juta untuk petugas pemilu yang meninggal. Sementara petugas pemilu yang sakit serta menderita cacat karena tugasnya diusulkan menerima santunan sekitar Rp16 juta.

"Itu range usulannya, prinsipnya dari pemerintah akan memberikan santunan. Besarannya masih dihitung, diusahakan secepat mungkin," tutur Viryan di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Data terkini dari KPU RI, ada 144 petugas pemilu yang meninggal dunia karena bertugas saat pemungutan suara. Kemudian, 883 petugas menderita sakit karena kelelahan saat bertugas.

KPU RI mengimbau para petugas pemilu yang masih bertugas agar menjaga kesehatan. Sebab, hingga kini proses rekapitulasi pemilu 2019 masih berjalan di tingkat kecamatan di masing-masing daerah.

"Saya minta KPU kabupaten/kota melakukan monitoring dalam tiga bentuk. Pertama memastikan kesehatan jajaran KPPS, PPS, dan PPK di kantor kecamatan, monitoring proses rekapnya, ketiga dalam hal ditemukan ada oknum-oknum yang melakukan kecurangan segera dilakukan proses pidana pemilu," tutur Viryan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kpu, Pemilu 2019

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup