KENAL DAPIL : Vokalis Setia Band Charly Berebut Suara dengan Maman Imanul Haq di Dapil Jabar IX

Musisi Setia Band, Charly Vanhoutten menjajal bersaing menuju kursi Senayan. Selain Charly, Dwiki Darmawan juga menjajal peruntungan.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 12 April 2019  |  16:43 WIB

Kabar24.com, JAKARTA —  Hijrahnya anggota DPR Maruarar Sirait dari Daerah Pemilihan Jawa Barat IX pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 berpotensi menghasilkan kompetisi lebih terbuka di wilayah tersebut.

Maruarar sudah tiga kali bertarung di Dapil Jabar IX yang selalu mengantarkannya ke Senayan. Pada Pileg 2014, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut meraih suara terbanyak di antara delapan calon anggota legislatif (caleg) terpilih dengan 131.618 suara.

Namun, PDIP memindahkan kadernya itu ke Dapil Jabar III pada kontestasi 2019. Meski demikian, parpol penguasa tersebut sudah menyiapkan figur pengganti yang memiliki akar di daerah, bekas Bupati Majalengka Sutrisno.

Kabupaten Majalengka, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Sumedang tergabung dalam Dapil Jabar IX yang memiliki 2,99 juta pemilih.

Selain itu, Ketua DPD PDIP Jabar Tubagus Hasanuddin terdaftar kembali sebagai caleg usai kekalahan dalam Pemilihan Gubernur Jabar 2018. Lima tahun silam, Hasanuddin menemani Maruarar ke Senayan.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maman Imanul Haq pun kembali ke Dapil Jabar IX yang mengirimnya ke DPR pada 2014. Dia meninggalkan parlemen tahun lalu guna mengikuti kontestasi Pemilihan Bupati Majalengka 2018.

Seperti daerah pemilihan lain di Jabar, selebriti pun meramaikan perebutan kursi DPR. Musisi Charly Vanhoutten dan Dwiki Darmawan didaftarkan berturut-turut oleh Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Lima tahun silam, mantan model Ratieh Sanggarwaty berkontes di Dapil Jabar IX, tetapi tidak terpilih. Namun, dia akhirnya masuk DPR pada 2018 menggantikan koleganya di Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Dony Ahmad Munir, yang mundur untuk mengikuti pilkada.

Bersama enam petahana lain, Ratieh pun kembali terdaftar sebagai caleg.

PETAHANA DAPIL JABAR IX 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Maruarar Sirait 

Denny Jaya Abri Yani 

Partai Golkar 

Venny Devianti 

Partai Gerindra 

Oo Sutisna 

Partai Demokrat 

Linda Megawati 

Partai Kebangkitan Bangsa 

Lilis Santika 

Partai Keadilan Sejahtera 

Nurhasan Zaidi 

Partai Persatuan Pembangunan 

Ratieh Sanggarwaty 

   Sumber: DPR

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jabar, caleg, charly, dapil

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top