Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KENAL DAPIL : Pengaruh Aher Mendongkrak Suara Istrinya di Dapil Jabar VIII

Meski tidak maju sebagai calon anggota legislatif, reputasi Ahmad Heryawan turut dipertaruhkan dengan keikutsertaan sang istri dalam Pileg 2019.

Kabar24.com, JAKARTA — Sebelum berkecimpung di lembaga eksekutif, mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher pernah menjadi legislator di DPRD DKI Jakarta.

Ketika masa jabatan Jabar-1 telah berakhir pada 2018, Aher disebut-sebut akan menjadi calon anggota legislatif (caleg) DPR pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Namun, kesempatan ‘naik kelas’ dalam riwayat kariernya di lembaga legislatif urung terjadi.

Justru istrinya, Netty Prasetiyani, yang terdaftar sebagai caleg Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Daerah Pemilihan Jawa Barat VIII. Meski bukan dirinya sendiri yang maju, reputasi Aher turut dipertaruhkan dengan keikutsertaan sang istri dalam Pileg 2019.

Pemilih Dapil Jabar VIII tempat Netty bertarung kebetulan ramah dengan dinasti politik. Partai Golkar menikmati efek keluarga politisi tenar pada Pileg 2014 sehingga memperoleh suara terbanyak di Dapil Jabar VII yang mencakup Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, dan Kota Cirebon.

Dua kader Golkar yang melenggang ke Senayan, Dave Akbarshah Fikarno dan Daniel Mutaqien Syafiuddin, merupakan keluarga politisi. Dave adalah putra mantan Ketua DPR Akbar Laksono, sedangkan Daniel adalah anak bekas Bupati Indramayu Irianto M.S. Syafiuddin.

Dave, Daniel, dan enam petahana akan berusaha mempertahakan kursinya pada Pileg 2019. Hanya politisi PKS Mahfudz Siddiq yang tidak terdaftar lagi sebagai caleg.

PETAHANA DAPIL JABAR VIII 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Yoseph Umar Hadi 

Ono Surono 

Partai Golkar 

Dave Akbarshah Fikarno 

Daniel Mutaqien Syafiuddin  

Partai Gerindra 

Kardaya Warnika 

Partai Demokrat 

Herman Khaeron 

Partai Kebangkitan Bangsa 

Dedi Wahidi 

Partai Keadilan Sejahtera 

Mahfudz Siddiq 

Partai Hanura 

Sudiro Asno 

PEMILIH DAPIL JABAR VIII 

Kabupaten/Kota 

DPT 

Indramayu 

1.353.210 

Cirebon 

1.702.668 

Kota Cirebon 

238.003 

Total 

3.293.881 

 Sumber: DPR, KPU 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper