Bergaya dan Ngaku Bahar Smith, Saksi Korban : Saya Fans Habib Bahar

Salah seorang saksi korban penganiayaan Bahar bin Smith, Cahya Abdul Jabar mengaku sebenarnya dirinya ngefans sampai meniru gaya dari Bahar di Smith saat mengaku-ngaku sebagai Bahar bin Smith di Bali.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 28 Maret 2019  |  20:07 WIB

Bisnis.com, BANDUNG — Salah seorang saksi korban penganiayaan Bahar bin Smith, Cahya Abdul Jabar mengaku sebenarnya dirinya ngefans sampai meniru gaya dari Bahar di Smith saat mengaku-ngaku sebagai Bahar bin Smith di Bali.

Hal tersebut terungkap saat hakim ketua, Edison Muhammad meminta jaksa menampilkan foto Cahya Abdul Jabar di persidangan, di di Gedung Arsip dan Perpustakaan, Kota Bandung, Kamis (28/3).

Dalam foto tersebut, Cahya Abdul Jabar berpenampilan laiknya Bahar bin Smith, berambut panjang dan berwarna kuning.

Saat persidangan, majelis hakim yang diketuai oleh Edison Muhammad menggali terkait aksi Cahya dan rekannya Muhammad Khoerul Aumam Al Mudzaqi (Zaki) saat mengaku-ngaku sebagai Habib Bahar di Bali.

Cahya menceritakan, awalnya ia diajak oleh Khoerul Aumam Al Mudzaqi yang baru ia kenal seminggu sebelum keduanya berangkat untuk mengisi sebuah acara di Seminyak, Bali.

Sesampainya di Bali, keduanya hilang kontak dengan panitia penyelenggara acara. Akhirnya keduanya berniat mendatangi kantor polisi untuk menanyakan lokasi acara dan panitia penyelenggara tersebut kepada polisi.

Namun, saat di perjalanan, keduanya bertemu dengan seseorang yang bernama Amir. Dan bertanya kepada Cahya Abdul Jabar apakah Cahya Abdul Jabar adalah Bahar bin Smith.

"Beliau tanya ke saya, 'ini Habib Bahar'. Saya jawab iya," kata Cahya.

Cahya mengatakan dirinya mau mengaku-ngaku sebagai Bahar bin Smith lantaran disuruh Khoerul Aumam Al Mudzaqi untuk mengaku serbagai Bahar bin Smith jika ada yang menanyakan tentang dirinya.

Setelah itu, majelis hakim bertanya, mengapa dirinya berpenampilan seperti Bahar bin Smith.

Pasalnya, Edison merasa bingung mengapa orang bernama Amir tersebut menganggap Cahya seperti Bahar. Sebab, dia menilai fisik dari Cahya berbeda dengan Bahar.

"Kok bisa Amir tiba-tiba nanya kamu Habib Bahar, kamu kan beda dari Bahar," kata Edison.

"Dulu rambut saya seperti Habib," ucap Cahya.

Hakim pun menanyakan kembali, apakah memang gaya Bahar bin Smith sengaja ditiru oleh Cahya Abdul Jabar. Lalu Cahya Abdul Jabar menjawab memang dirinya pada saat kejadian bergaya seperti Bahar bin Smith.

"Waktu itu gaya kamu seperti ini atau tidak?," kata hakim.

"Kadang seperti itu, kadang seperti santri," jawab Cahya.

"Kamu merasa seperti Habib Bahar nggak? Ada persamaan nggak dengan Habib Bahar? Kamu menceritakan diri seperti Habib Bahar?," tanya hakim lagi.

"Iya, karena saya ngefan," jelas Cahya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kasus penganiayaan, Habib Bahar

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top