Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KENAL DAPIL : Guntur Romli, Ahoker yang Berjuang di Basis PKB Lewat Dapil Jatim III

Lulusan Universitas Al Azhar tersebut didaftarkan di Daerah Pemilihan Jawa Timur III yang mencakup Kabupaten Situbondo, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Bondowoso.

Kabar24.com, JAKARTA — Sebagai seorang Ahoker, label bagi para pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Muhammad Guntur Romli dikenal militan.

Upaya memenangkan Basuki sebagai pemimpin Jakarta pada 2017 tidak berhasil, tetapi Guntur dan para Ahoker generasi muda tetap ingin melanjutkan gagasan panutan mereka, salah satunya lewat Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Di partai pendatang baru itu, Guntur juga menjadi calon anggota legislatif (caleg) pada Pileg 2019.

Lulusan Universitas Al Azhar tersebut didaftarkan di Daerah Pemilihan Jawa Timur III yang mencakup Kabupaten Situbondo, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Bondowoso. Klop, Guntur adalah putra daerah kelahiran Situbondo.

Pemilih Dapil Jatim III didominasi warga Nahdlatul Ulama (NU). Tak sulit bagi Guntur untuk meraih simpati nahdliyin karena dia anak seorang kiai dan dikenal pula sebagai Gusdurian, pengikut mantan Ketua Umum Pengurus Besar NU K.H. Abdurrahman Wahid.

Tantangannya, Dapil Jatim III dikenal sebagai basis Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Selain itu, Partai Persatuan Pembangunan pun bisa meraih kursi di wilayah elektoral tersebut pada Pileg 2019.

Lagi pula, dua partai berbasis massa NU tersebut masih mengandalkan caleg petahana guna mempertahankan suara dan kursi. Belum lagi, caleg-caleg populer digaet parpol kompetitor untuk mendulang suara. Salah satunya adalah Banyu Biru Djarot, putra sutradara Eros Djarot, yang dicalonkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Namun, tidak ada tantangan paling berat bagi Guntur selain ambang batas masuk parlemen 4% suara sah nasional yang harus dipenuhi terlebih dahulu oleh PSI. Sebagai partai politik pendatang baru, Guntur dan caleg PSI se-Indonesia harus bekerja ekstra keras.

PETAHANA DAPIL JATIM III 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Nursuhud 

Partai Golkar 

Hardisoesilo 

Partai Gerindra 

Sumail Abdullah 

Partai Kebangkitan Bangsa 

Nihayatul Wafiroh 

   

Nasim Khan 

Partai Demokrat 

Azam Azman Natawijana 

Partai Persatuan Pembangunan 

Anas Thahir 

PEMILIH DAPIL JATIM III 

Kabupaten/Kota 

DPT 

Banyuwangi 

1.317.581 

Bondowoso 

599.017 

Situbondo 

493.169 

Total 

2.409.767 

 Sumber: KPU, DPR 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper