Poso Diguncang Gempa 5,7 SR

Hari Minggu, 24 Maret 2019, pukul 08.32.05 WIB, wilayah Kabupaten Poso diguncang gempabumi tektonik
Mia Chitra Dinisari | 24 Maret 2019 11:00 WIB

Kabar24.com, JAKARTA - Hari Minggu, 24 Maret 2019, pukul 08.32.05 WIB, wilayah Kabupaten Poso diguncang gempabumi tektonik.

Hasil analisis BMKG dalam instagram resminya menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=5,7. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,78 LS dan 120,55 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 48 km arah barat daya Kota Poso, Kabupaten Poso, Propinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 39 km.

Menurut BMKG dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Poso. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik (Thrust Fault).

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Poso IV MMI, Palu dan Malili III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 08.43 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gempa bumi

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup