Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia-Slowakia Perkuat Kerja Sama Bidang Pendidikan & Ekonomi

Badan Kerja Sama Dewan Perwakilan Daerah RI (BKSP DPD RI) melakukan kunjungan kerja ke Slowakia untuk memperkuat kerja sama di berbagai bidang.
Kunjungan kerja DPD RI ke Slowakia /Istimewa-Dok.Kedubes Bratislava
Kunjungan kerja DPD RI ke Slowakia /Istimewa-Dok.Kedubes Bratislava

Bisnis.com, BRATISLAVA - Badan Kerja Sama Dewan Perwakilan Daerah RI (BKSP DPD RI) melakukan kunjungan kerja ke Slowakia untuk memperkuat kerja sama di berbagai bidang.

Delegasi yang dipimpin oleh anggota DPD RI Emma Yohana itu mengadakan pertemuan dengan National Council Slowakia (Parlemen), Kementerian Pendidikan, Visegrad Fund, Kadin Indonesia-Slowakia, dan Wakil Gubernur Bratislava.

Dubes RI untuk Indonesia, Adiyatwidi Adiwoso Asmady, dalam siaran pers KBRI Bratislava Rabu (20/03/2019), mengapresiasi kunjungan delegasi ke Slowakia yang berlangsung pada 11-18 Maret 2019.

“Harapannya melalui serangkaian pertemuan tersebut dapat meningkatkan hubungan bilateral kedua negara dan diimplementasikan sehingga dapat memberikan hasil nyata,” ujar Adiyatwidi.

Pada pertemuan dengan Secretary of State Kementrian Pendidikan, Olga Nachmannov, memberikan penjelasan mengenai sistem pendidikan di Slowakia dan tawaran beasiswa dari Pemerintah Slowakia.

Pihak Kementerian menyampaikan bahwa kerja sama antar universitas dapat langsung dilakukan tanpa harus mendapatkan rekomendasi dari Kementrian Pendidikan. Pemberian program beasiswa Darmasiswa dari Kemendikbud, sangat diapresiasi oleh Kementerian dan sangat diminati oleh siswa Slowakia.

Program ini telah berhasil meningkatkan people to people contact kedua negara. Saat ini tercatat 206 alumni Darmasiswa dan tahun ini terdapat 34 siswa Slowakia yang tengah menempuh studi Darmasiswa di berbagai kota di Indonesia.

Sementara itu, saat pertemuan di Kantor Parlemen, delegasi diterima oleh Martin Kluss (Urusan Kerjasama Luar Negeri) dan Edward Hweger (Urusan Ekonomi dari Tenaga Kerja).

Menurut pihak Parlemen, hubungan bilateral antara Indonesia dan Slowakia saat ini merupakan yang terbaik dibandingkan perwakilan asing lainnya. Sejak 1993 Sowakia menjadi negara independen, Indonesia merupakan salah satu negara yang pertama kali mulai bekerja sama dengan Slowakia.

Indonesia dan Slowakia selalu saling dukung pada forum internasional. Pada kesempatan tersebut juga dibicarakan mengenai dukungan Slowakia terhadap Indonesia pada isu kelapa sawit. Saat ini Slowakia memegang tampuk kepresidenan Visegrad sehingga peranan Slowakia dapat menjadi jembatan bagi Indonesia guna melakukan penetrasi di kawasan Eropa.

Sementara dalam pertemuan dengan Presiden Kadin Slowakia-Indonesia, Milan Compel, dibahas mengenai pengembangan kerjasama bilateral Indonesia-Slowakia di sektor otomotif, energi, dan pariwisata. SIOK juga akan mengusahakan berdirinya “House of Indonesia”.

Delegasi mendapatkan paparan dari beberapa bisnis Slowakia, yaitu: THX (pengolahan sampah), IDO Hutny Project (Engineering, Procurement, Construction), dan Compel Industry (alat pendekteksi ranjau darat).

Internasional Visegrad Fund (IVF) memberikan paparan mengenai peran organisasi Visegrad yang mengedepankan kerja sama antar 4 anggota Negara di Eropa Tengah. Aliansi 4 negara ini merupakan salah satu organisasi yang relatif kuat dan maju di kawasan Eropa. Pertumbuhan ekonominya mencapai 5% per tahun dibandingkan dengan negara-negara Eropa dengan tingkat ekonomi kuat (high Economic Growth). Selain memiliki jalinan kerja sama dengan erat antara 4 negara tersebu, Visegrad Fund juga memiliki program pendidikan dengan berbagai universitas di luar Slowakia, termasuk Universitas Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper