Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gara-Gara Meme Zina Bisa Dilegalisir, TKN Laporkan Tirto.id ke Dewan Pers

Meme Ma'ruf Amin dengan tulisan Zina Bisa Dilegalisir dinilai tidak benar atau hoaks. Terlebih, meme tersebut dibalas dengan meme Pak Tirto yang bertuliskan Oke Gaes Jangan Lupa Kedepannya Sedia Kondom & Cap 3 Jari Yes.
Meme Tirto.id yang dinilai menghina KH. Ma'ruf Amin
Meme Tirto.id yang dinilai menghina KH. Ma'ruf Amin

Bisnis.com, JAKARTA--Tim Kampanye Nasional  Joko Widodo-Ma'ruf Amin telah melaporkan media nasional Tirto.id terkait meme Cawapres Ma'ruf Amin pascadebat cawapres ke Dewan Pers.

Ketua Direktorat Hukum dan Advokasi TKN, Irfan Pulungan mengungkapkan bahwa meme Ma'ruf Amin dengan tulisan Zina Bisa Dilegalisir dinilai tidak benar atau hoaks. Terlebih, meme tersebut dibalas dengan meme Pak Tirto yang bertuliskan Oke Gaes Jangan Lupa Kedepannya Sedia Kondom & Cap 3 Jari Yes.

Irfan juga menilai meme tersebut sangat menghina Cawapres Ma'ruf Amin karena diduga dilakukan media Tirto.id secara sengaja tanpa ada konfirmasi kepada pihak TKN.

"Media online ini sudah melakukan niat dengan sengaja menyebarkan berita fitnah dan hoaks. Jadi kami melaporkan hal ini ke Dewan Pers," tutur Irfan, Selasa (19/3/2019).

Irfan mengakui Tirto.id sudah meminta maaf, tetapi hal tersebut tidak akan menghapus unsur pidana yang dilakukan Tirto.id melalui meme hoaks itu.

Menurut Irfan meme tersebut sudah menjadi viral di media sosial karena sudah di retweet 1.120 akun dan 120 like serta dibagikan ke sejumlah akun di media sosial.

"Jadi pertanyaannya apakah permohonan maaf itu bisa menghilangkan perbuatan pidana. Ya kami anggap ini dilakukan dengan sengaja ya, dan dalam hukum pidana permintaan maaf tidak akan menghilangkan unsur pidana," kata Irfan.

Seperti diketahui, setelah meme itu beredar, redaksi Tirto.id menyampaikan permohonan maaf dan mengakui telah membuat kesalahan. Secara internal, Tirto.id menyatakan langsung melakukan koreksi atas kejadian tersebut. 

Kami melakukan kekeliruan fatal. Kami meminta maaf kepada semua pihak yang merasa dirugikan, juga para pembaca sekalian. Mekanisme internal sedang dilakukan untuk memperbaiki dan menindaklanjuti kesalahan ini.https://t.co/7TpjXqpIRF

Tak hanya itu, redaksi Tirto.id juga mengunggah meme pengganti untuk memperbaiki apa yang disebut Tirto.id untuk mengganti kekeliruan visual sebelumnya yang memotong konteks ucapan Maruf Amin yang hendak mengklarifikasi hoaks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper