Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menlu Thailand akan Kunjungi Menlu Retno, Bahas Isu Asean Sampai Stabilisasi Harga Karet

Sejumlah isu bilateral akan menjadi pembahasan kedua pihak, terutama terkait ekonomi dan penguatan kerja sama. Don dan Retno rencananya bakal membahas strategi Indonesia dan Thailand untuk stabilisasi harga karet
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir/Bisnis Indonesia-Iim Fathimah Timorria
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir/Bisnis Indonesia-Iim Fathimah Timorria

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai akan mengunjungi Indonesia pada Rabu (13/3/2019). Dalam kunjungan ini, Don akan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi.

Sejumlah isu bilateral akan menjadi pembahasan kedua pihak, terutama terkait ekonomi dan penguatan kerja sama. Don dan Retno rencananya bakal membahas strategi Indonesia dan Thailand untuk stabilisasi harga karet.

"Isu yang akan menjadi perhatian adalah upaya bersama kedua negara selaku eksportir karet untuk menstabilkan harga karet yang dalam beberapa bulan terakhir mengalami penurunan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Indonesia dan Thailand adalah dua dari tiga negara yang tergabung dalam International Tripartite Rubber Council (ITRC). Bersama Malaysia, Indonesia dan Thailand adalah tiga negara produsen karet terbesar di dunia.

Beberapa waktu lalu, ketiga negara sepakat untuk memangkas ekspor karet sampai 300.000 ton sebagai upaya untuk mengerek harga karet yang tertekan dalam beberapa bulan belakangan.

Selain pembahasan strategi bersama terkait harga karet, Indonesia dan Thailand akan menyoroti perdagangan kedua negara. Nilai perdagangan Indonesia dan Thailand mencapai US$17,77 miliar.

Adapun produk yang menjadi ekspor utama Indonesia antara lain mesin peralatan listrik, makanan, produk kertas dan askesoris kendaraan. Sedangkan impor dari Thailand antara lain kendaraan bermotor, produk metal, baja, tekstil dan makanan.

Indonesia dan Thailand juga akan mengusung sejumlah isu Asean dalam pertemuan besok. Hal ini tak lepas dari status Thailand sebagai Ketua Asean untuk tahun 2019 yang mengusung tema "Advancing Partnership for Sustainability" dan sebagai tindak lanjut pertemuan di Chiang Mai, Thailand bulan lalu. Salah satu isu Asean yang bakal dibahas adalah mengenai kondisi di wilayah Rakhine, Myanmar, termasuk upaya repatriasi pengungsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper