Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hai Politisi, Dengarkan Suara Hati Anak Milenial Ini

Partisipasi politik generasi milenial pada Pemilu 2019 diprediksi tinggi kendati secara umum kelompok milenial ini tidak begitu suka dengan kualitas politik dan demokrasi di Tanah Air.
Risma Budi Octavianti & Stefanus Arief Setiaji
Risma Budi Octavianti & Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 03 Maret 2019  |  10:53 WIB
Loading the player ...

Bisnis.com, JAKARTA — Generasi milenial memiliki kepercayaan cukup tinggi untuk berpartisipasi di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 kendati secara umum kelompok ini memiliki pandangan negatif terhadap politik dan demokrasi.

Hal itu tecermin dari jajak pendapat yang dilakukan oleh Institut of Public Policy Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta.

Dalam kajian yang disusun oleh Indro Adinugroho, Andina Dwiafatma, Edbert Gani, dan Salvatore Simarmata, tergambar bahwa hampir 85% responden yang disurvei mengaku akan menggunakan hak pilih pada Pemilihan Legislatif 2019.

Kemudian, sekitar 72% responden akan menggunakan hak pilih pada Pemilihan Presiden 2019.

Ketertarikan generasi milenial yang dalam survei ini responden terbesarnya lahir pada rentang 1992 hingga 2000, dalam menggunakan hak pilih sejatinya anomali dengan pandangan mereka terhadap politik dan demokrasi di Indonesia.

Hampir 60% responden berpandangan bahwa demokrasi belum membawa perubahan berarti bagi kehidupan mereka. Lebih dari 65% responden berpandangan kualitas demokrasi di Indonesia buruk dan sangat buruk.

Hal yang menjadi pemantik buruknya kualitas demokrasi di Indonesia, menurut pandangan generasi milenial setidaknya mencakup empat hal. Paling besar yakni menyangkut politisasi agama (44%), berita palsu atau hoaks (22%), korupsi (17%), dan radikalisasi (11%).  

Dari pandangan itu, disebut bahwa kelompok muda khususnya generasi milenial cenderung memiliki optimisme untuk mewujudkan politik dan demokrasi yang lebih rasional.

Kata kunci dari ketertarikan anak milenial pada politik yakni tidak suka dengan politisasi agama, tidak suka dengan hoaks, dan gagasan rasional yang ditawarkan oleh calon presiden dan calon wakil presiden peserta Pilpres 2019.

Survei tersebut melibatkan 1.388 responden dengan menggunakan platform daring dengan fokus utama di kota-kota besar seperti sekitaran Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi ditambah Bandung dan Surabaya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pemilu 2019 Pilpres 2019 generasi milenial
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top