Presiden Jokowi Janji Tingkatkan Kapasitas SDM di Pondok Pesantren

Presiden Joko Widodo menaruh perhatian pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) ke depan.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 27 Februari 2019  |  20:02 WIB
Presiden Jokowi Janji Tingkatkan Kapasitas SDM di Pondok Pesantren
Presiden Joko Widodo. - Antara/Oky Lukmansyah

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo menaruh perhatian terhadap peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di lingkungan pondok pesantren.

Hal itu dikatakannya saat membuka acara Musyawarah Nasional Alim Ulama sekaligus Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (NU) Tahun 2019 di Banjar, Rabu (27/2/2019).

Dia mengungkapkan pemerintah telah mempersiapkan strategi besar dalam rangka peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Menurutnya, seluruh pihak harus optimistis bahwa bangsa kita memiliki kemampuan untuk bersaing dengan negara-negara lain di tengah perubahan global.

"NU perlu mengingatkan bahwa manusia dan kemanusiaan harus tetap merupakan dimensi utama dalam pembangunan," ucapnya, dikutip dari keterangan resminya.

Untuk mewujudkan hal itu, Presiden mengatakan, pihaknya akan membangun ribuan balai latihan kerja (BLK) utamanya di lingkungan pondok pesantren. BLK itu akan mewadahi para angkatan kerja untuk memperoleh peningkatan kemampuan.

"Tahun ini segera dibangun 1.000 BLK komunitas di pondok-pondok pesantren. Saya sudah perintahkan juga kepada Menaker tahun depan minimal 3.000 BLK komunitas di pondok-pondok pesantren juga harus dibangun," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siroj, memandang perlunya peningkatan kapasitas sumber daya manusia Indonesia untuk dapat menghadapi revolusi industri yang sudah di depan mata.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, nahdlatul ulama, Pondok Pesantren

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top