Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KPPU Ingin Klarifikasi Dugaan Kartel Tiket, Kemenhub Bergeming

Sikap Kementerian Perhubungan (Kemehub) yang tidak merespons permintaan klarifikasi dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) disayangkan.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 20 Februari 2019  |  18:41 WIB
Kartel - repro
Kartel - repro

Kabar24.com, JAKARTA —  Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyayangkan sikap Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang tidak merespons permintaan klarifikasi terkait kenaikan tarif tiket penumpang pesawat.

Komisioner KPPU Guntur Saragih mengatakan bahwa surat kedua terkait dengan permintaan klarifikasi dari Kemenhub yang dilayangkan akhir Januari 2019 belum juga ditanggapi oleh instansi yang dipimpin oleh Budi Karya Sumadi tersebut.

“KPPU itu penegak hukum terbiasa berperilaku ksatria. Kalau salah katakan salah. Karena itu kami membutuhkan klarifikasi dari Kementerian Perhubungan apakah kenaikan harga tiket yang dilakukan maskapai itu mengikuti aturan dari pemerintah,” ujarnya, Rabu (20/2/2019).

Menurutnya, seringkali pelaku usaha melakukan suatu tindakan yang beririsan dengan perilaku usaha tidak sehat karena menuruti aturan atau arahan yang diberikan oleh pemerintah selaku regulator. Hal ini, lanjutnya, merupakan bentuk kepatuhan pelaku usaha sebagai warga negara.

Bila kenaikan harga tiket pesawat ternyata didorong oleh kebijakan pemerintah, maka penanganan KPPU atas dugaan kartel tiket penerbangan tersebut akan berbeda.

Komisi, ujarnya, akan melakukan advokasi kebijakan sekaligus memberikan rekomendasi kepada pemerintah. Karena itu, penjelasan Kemenhub sangat mempengaruhi kelanjutan pengusutan dugaan kartel harga tiket pesawat tersebut.

Kemenhub sebelumnya sudah menanggapi permintaan klarifikasi tersebut dengan mengutus pejabat eselon III ke KPPU.

Akan tetapi, utusan tersebut dianggap tidak mampu menjelaskan mengenai latar belakang kebijakan pemerintah yang mendorong maskapai penerbangan untuk menaikkan harga tiket penumpang.

Saat ini KPPU sudah meningkatkan status penanganan dugaan kartel tiket penumpang dan kargo pesawat ke tahap penyelidikan untuk menemukan minimal dua alat bukti, sebelum mengajukan ke tahap pemberkasan. Guntur mengatakan hingga kini proses tersebut masih dilakukan secara intensif oleh para investigator.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kppu Kemenhub tiket pesawat kartel
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top