Pemilu 2019: Anggota DPR Masih Soroti Minimnya Sosialisasi Pileg

Sejumlah anggota DPR masih menganggap Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum optimal dalam melakukan sosialisasi Pemilihan Legislatif 2019 karena publik cenderung mengenal Pemilihan Presiden.
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 19 Februari 2019  |  12:19 WIB
Pemilu 2019: Anggota DPR Masih Soroti Minimnya Sosialisasi Pileg
Warga melintas di depan baliho berisi sosialisasi tentang warna surat suara yang terpasang di kawasan Cipondoh, Tangerang, Banten, Senin (18/2/2019). - ANTARA/Muhammad Iqbal

Kabar24.com, JAKARTA —  Sejumlah anggota DPR masih menganggap Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum optimal dalam melakukan sosialisasi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 karena publik cenderung mengenal Pemilihan Presiden.

Anggota Komisi I DPR Lena Maryana mengatakan bahwa pemberitaan saat ini lebih didominasi dengan informasi Pemilihan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden.

Oleh karenanya, Lena berharap adanya sosialisasi secara masif yang dilakukan penyelenggara Pemilu mengenai informasi untuk memilih wakil rakyat, sebab saat memilih nanti pada surat suara tidak menampilkan foto para Caleg, tetapi hanya nama dan nomor urut saja.

“Sosialisasi terhadap penyelenggaraan Pemilu harus terus diupayakan oleh para penyelenggara Pemilu,” ujarnya dikutip dari situs resmi DPR, Selasa (19/2/2109).

Selain itu, dia meminta independensi dan netralitas Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indonesia.

Lena mendorong agar seluruh TNI dan ASN termasuk penyelenggara Pemilu untuk menjalankan tugasnya dengan berprinsip netral, agar Pemilu berjalan sesuai dengan azasnya yaitu jujur dan adil serta langsung, umum, bebas, dan rahasia.

 “Salah satu tolok ukur keberhasilan Pemilu adalah independensi dari TNI dan ASN, karena itu adalah salah satu upaya untuk mencegah adanya kecurangan Pemilu,” kata Lena usai mengikuti pertemuan Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi I DPR RI dengan Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
dpr, Pemilu 2019, Pilpres 2019

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top