Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi Serahkan Bansos PKH & BNPT ke 1.055 Keluarga di Depok

Presiden Joko Widodo menyerahkan bantuan sosial kepada 1.055 Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk warga Depok, Jawa Barat.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 12 Februari 2019  |  17:50 WIB
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) menyapa warga saat acara penyaluran Dana Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), di Jakarta, Kamis (10/1/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) menyapa warga saat acara penyaluran Dana Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), di Jakarta, Kamis (10/1/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, DEPOK--Presiden Joko Widodo menyerahkan bantuan sosial kepada 1.055 Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk warga Depok, Jawa Barat.

Adapun, peserta yang hadir meliputi 150 ketua kelompok PKH Kota Depok, 850 peserta PKH dan BPNT yang berasal dari Kecamatan Cimanggis, Tapos, dan Kecamatan Sukmajaya.

Tak hanya itu, hadir juga tenaga pendamping dan administrator pangkalan data PKH Kota Depok sebanyak 55 orang.

Jokowi menyebut, sudah bertanya ke beberapa ibu-ibu yang mengaku sudah mengambil bantuan sosial (bansos) PKH dengan nilai yang bervariasi. Padahal, sebelumnya, nilai PKH yang disalurkan bersifat tetap yakni Rp1,89 juta.

Sebaliknya, pada tahun ini, nilai PKH yang disalurkan disesuaikan dengan beban kebutuhan keluarga pada aspek kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial. 

"Karena sekarang pakai indeks bantuan PKH [skema]. Ibu hamil, anak usia dini, anak SD, anak SMP, anak SMA/SMK ada hitungannya, yang disabilitas ada hitungannya, yang lansia ada hitunganya," katanya saat memberikan sambutan dalam Penyerahan Bantuan Sosial PKH dan BNPT di Graha Insan Cita, Depok, Selasa (12/2/2019).

Menurutnya, PKH dan BPNT diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan tujuan untuk memenuhi pendidikan anak, gizi anak, hingga kesejahteraan keluarga.

Berdasarkan data Kementerian Sosial, jumlah bansos PKH dan BPNT tahap 1 2019 yang disalurkan untuk Provinsi Jawa Barat senilai Rp2,19 triliun. Adapun bansos PKH tahap I 2019 di Kota Depok sebesar Rp70,56 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi program keluarga harapan (pkh)
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top