Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Kronologi Jokowi Maju Pilgub DKI 2012 Dapat Kucuran Dana Kampanye dari Adik Prabowo

Calon Presiden petahana Joko Widodo mengenang menjadi Gubernur DKI Jakarta tanpa keluar uang saat bertarung di pemilihan guberunur (pilgub) DKI Jakarta 2012. Hal itu memang benar terjadi, tapi setelah dirinya melakukan lobi politik.

Bisnis.com, JAKARTA – Calon Presiden petahana Joko Widodo mengenang menjadi Gubernur DKI Jakarta tanpa keluar uang saat bertarung di pemilihan guberunur (pilgub) DKI Jakarta 2012. Hal itu memang benar terjadi, tapi setelah dirinya melakukan lobi politik.

Anggota Direktorat Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Nicholay Aprilindo mengatakan bahwa Jokowi yang saat itu berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama tidak dikenakan mahar oleh Partai Gerindra.

Akan tetapi yang menjadi masalah baginya adalah Jokowi berkali-kali meminta sumber dana kepada adik Prabowo Subianto, yaitu Hashim Djojohadikusumo.

“Saya adalah saksi hidup. Saya berani mempertanggungjawabkan karena pada 2008 sayalah yang pertama kali memperkenalkan Pak Jokowi kepada Pak Hashim pada November 2008 di Loji Gandrung, Solo,” katanya di Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Saat itu Jokowi yang menjabat sebagai Walikota Surakarta bertanya kepada Nicholay bagaimana cara bertemu dengan Hashim dan Prabowo.

Baginya itu sangat mudah. Akan tetapi Jokowi harus membeberkan program-program dan pencapaiannya.

“Singkat cerita Pak Hashim saya bawa ke Loji Gandrung, berkenalan di situ. Di situ Pak Jokowi menjual program-program kerakyatan yang dia buat di Solo,” jelasnya.

Setelah mendengar itu, Hashim tertarik dan menjadikannya calon Gubernur Ibu Kota. Tentu Prabowo terima itu dengan syarat berpasangan dengan Ahok karena sejak awal dia yang menjadi calon kuat.

Permasalahannya, Gerindra tidak punya cukup kursi mengusung sendirian. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kemudian diajak koalisi.

“Tapi ketika itu Bu Mega menolak tidak mau Pak Jokowi karena sudah telanjur menyetujui Foke dan Adang [pasangan calon gubernur lainnya],” ucap Nicholay.

Prabowo tidak patah arah dan terus melobi Mega. Seiring pertemuan yang intens, akhirnya Jokowi-Ahok bisa menjadi pasangan untuk pemilihan gubernur 2012-2017 dengan ketentuan seluruh logistik ditanggung bersama antara PDIP dan Gerindra.

Seiring perjalanan, semua biaya kampanye menjadi tanggung jawab Gerindra. Jika dihitung, Partai Banteng hanya berkontribusi 10% saja. Ratusan miliar yang sudah dikeluarkan Gerindra baik itu dari Prabowo maupun Hashim.

Oleh karena itu, Nicholay menegaskan bahwa tidak ada mahar politik yang tidak keluar uang sepeserpun.

“Inilah yang saya bisa menyimpulkan kebohongan yang disampaikan oleh Pak Jokowi. Dia berani berbohong di depan orang yang mengeluarkan uang kepadanya,” ungkapnya.

Pasangan Pilgub DKI Jakarta 2012

Pasangan

Partai Pendukung

Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli

Demokrat, PAN, Hanura, PKB, PBB, PMB, PKNU

Hendardji Soepandji-Ahmad Riza Patria

Independen

Joko Widodo-Basuko Tjahaja Purnama

PDIP, Gerindra

Hidayat Nur Wahid-Didik J.Rachbin

PKS

Faisal basri- Biem Triani Benjamin

Independen

Alex Noerdin-Nono Sampono

Golkar, PPP, PDS, Patriot, PPKB, PKDI, Partai RepublikaN, PPIB, Partai Buruh, PPNUI, PNI Marhaenisme

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper