Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo, Keluarkan Uang untuk Jokowi di Pilgub DKI 2012

Adik calon presiden Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo buka suara ihwal bantuan untuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta 2012.
Hashim Djojohadikusumo/Antara
Hashim Djojohadikusumo/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Adik calon presiden Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo buka suara ihwal bantuan untuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta 2012.

Hashim mengatakan memang benar Jokowi tak mengeluarkan uang selama kampanye. 

"Pak Jokowi tidak mengeluarkan uang karena dana yang dipakai dari saya, itu kenyataan," kata Hashim di Media Center Prabowo - Sandiaga, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (21/1/2019).

Hashim buka suara setelah Jokowi mengatakan tak mengeluarkan uang sama sekali saat Pilgub DKI. Hal itu disampaikan Jokowi saat debat pertama Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).

Jokowi sedang menceritakan pengalamannya mengikuti pemilihan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta. Saat pemilihan wali kota, Jokowi mengklaim hanya mengeluarkan anggaran yang sangat kecil.

"Waktu pemilihan gubernur di DKI Jakarta, saya tidak mengeluarkan uang sama sekali. Pak Prabowo pun juga tahu mengenai itu, ketua partai pendukung pun juga tahu," kata Jokowi.

Hashim menilai pernyataan Jokowi itu tak logis. Dia mengatakan setiap pencalonan memerlukan uang, setidaknya untuk biaya saksi. Hashim mengklaim, dia tak cuma membantu dalam bentuk uang, tetapi juga biaya kaus, baliho, dan baju kotak-kotak yang menjadi khas Jokowi dan pasangannya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat itu.

Namun, Hashim enggan merinci berapa angka pasti yang dia keluarkan untuk mendanai pemenangan Jokowi saat itu.

"Dana yang saya bantu besar sekali," kata Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini.

Hashim menuturkan, kala itu Jokowi datang beberapa kali ke kantornya di Mid Plaza, Sudirman, Jakarta Pusat. Pemilik Arsari Group ini juga mengklaim memiliki bukti-bukti bantuan yang diberikan kepada Jokowi. Bukti-bukti itu, kata Hashim, siap dibuka jika kubu Jokowi mempertanyakan cerita Hashim.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper