Survei: Program Ini Diyakini Mampu Dongkrak Elektabilitas Paslon Petahana

Pasangan paslon petahana peserta Pilpres 2019 diuntungkan dengan program-program yang sudah dijalankan selama ini. 
Muhammad Ridwan | 06 Desember 2018 15:47 WIB
Presiden Joko Widodo memberi pengarahan saat menghadiri acara penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), serta pemberian makanan tambahan dan program keluarga harapan, di sela-sela kunjungan kerja di Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/4). - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA -- Pasangan paslon petahana peserta Pilpres 2019 diuntungkan dengan program-program yang sudah dijalankan selama ini. 

Sejumlah program calon petahana diyakini mampu mendongkrak elektabilitas. Demikian hasil survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia Denny JA.

Pasangan calon [petahana] memiliki 6 program yang mendapatkan tingkat pengenalan yang cukup tinggi di kalangan pemilih.

Kartu Indonesia Sehat (KIS) pernah didengar sebanyak 90% responden, Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebesar 87,6%, Beras Sejahtera (Rastra) dengan 69%, Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar 66,1%, Pembangunan Infrastruktur sebesar 59,5%, Pembagian Sertifikat Tanah sebesar 55,3%.

Sebagai petahana, dengan program tersebut pasangan calon dapat diuntungkan dalam meraih efek elektoral.

Namun Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar menyayangkan program-program unggulan dengan tingkat pengenalan di atas 50% tersebut belum maksimal dikampanyekan.

Hot issue lebih banyak sifatnya yang sensasi ketimbang berdebat program,” ujarnya di Kantor LSI Denny JA, Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Pernyataan tersebut diungkapkannya Rully dengan melihat bukti tidak ada satu pun dari keenam program tersebut yang terpantau dalam media monitoring.

Sebagai petahana, sangat disayangkan apabila program-program tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik dalam masa kampanye, ulas Rully.

Pilpres 2019 hanya tinggal beberapa bulan lagi. Dalam kontestasi tersebut pasangan petahana Jokowi-Ma'ruf Amin berkompetisi dengan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pemilu 2019, Pilpres 2019

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top