Ridwan Kamil Bentuk Forum BUMN Jabar

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengumpulkan 30 BUMN yang memiliki kantor dan proyek di Jawa Barat.
Wisnu Wage Pamungkas | 21 November 2018 14:28 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumpulkan 30 BUMN yang memiliki kantor dan proyek di Jawa Barat.JIBI - BISNIS/Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG— Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengumpulkan 30 BUMN yang memiliki kantor dan proyek di Jawa Barat.

Ridwan Kamil atau Emil mengatakan acara tersebut dilakukan dalam upaya mempersatukan BUMN ke dalam Forum BUMN Jabar.

“Ini hasil lobi saya ke Bu Menteri BUMN, Bu Rini [Soemarno] agar semua BUMN yang kantor pusatnya di Jawa Barat dan semua BUMN yang punya proyek di Jabar agar bersatu dalam proyek [Forum BUMN] ini,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Rabu (21/11/2018).

Dalam pertemuan awal yang dihadiri Deputi Kementerian BUMN Wahyu Kuncoro dan sejumlah direktur utama BUMN ini tercatat ada sekitar 30 yang hadir.

“Untuk sementara ada 30 BUMN,” ujarnya.

Menurut Emil dengan menjadi forum pihak Pemprov  Jabar dan BUMN memiliki keuntungan terutama dalam hal mengelola dana CSR.

“Nanti mereka tidak membelanjakan CSR-nya sendiri-sendiri tetapi ngobrol dulu dengan forum,” ujar Emil.

Dengan langkah ini, maka BUMN tidak asal menggelontorkan CSR dan habis begitu saja. Emil  menilai cara ini efektif agar hasil yang diperoleh dari CSR efektif dan tepat sasaran.

“Tapi tidak efektif justru dimulai dari Jawa Barat problem apa yang bisa dibantu oleh forum itu,” ujarnya.

Pihaknya mencontohkan Telkom yang ternyata memiliki anggaran untuk memperbaiki jembatan putus sementara pihaknya tidak mengetahui ada pos tersebut.

“Akhirnya ketemu tadi diobrolkan ternyatai disampaikan ke media kalau ada desa-desa yang jembatan putus Telkom sudah siap itu baru satu urusan dari ratusan urusan yang lain,” paparnya.

“Jadi bayangkan kalau kita kompak di forum ini Insya Allah Jawa Barat bisa berhasil. Inilah teori membangun tidak harus dengan APBD tetapi dengan teori pentahelix tadi ABGCM—Akademi bisnis government community dan media,” tuturnya.

Tag : bumn, jabar
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top