Tiga Pesan Ridwan Kamil bagi Milenial

Milenial perlu mengamalkan tiga nilai yang harus dilakukan untuk membangun negara.
Rayful Mudassir | 28 Oktober 2018 19:34 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. - BISNIS/Wisnu Wage

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta kaum milenial untuk memberikan inovasi positif untuk bangsa.

Menurutnya, milenial perlu mengamalkan tiga nilai yang harus dilakukan untuk membangun negara.

Nilai tersebut yaitu beriman, berilmu dan berakhlak. Dia mengatakan ketiga nilai ini harus ditanamkan agar terjadi keselarasan di masyarakat.

"Indonesia merupakan negara ketuhanan. Sudah jelas dicantumkan dalam sila pertama ketuhanan yang maha esa," katanya saat memberi pemaparan di Milenial Fest, Djakarta Theater, Minggu (28/10/2018).

Selain itu, ilmu merupakan komponen penting untuk membangun bangsa. Setiap permasalahan misalnya harus diselesaikan dengan ilmu. Melalui nilai ini, milenial dapat berinovasi dengan baik dan terukur.

Dia mengatakan beberapa negara di dunia merupakan negara kaya namun angka bunuh diri tinggi. Selain itu, ada pula negara yang melahirkan generasi cerdas, namun kasus kriminal tinggi. Baginya kekayaan yang harus dilahirkan oleh milenial ialah kaya lahir dan batin.

Sementara akhlak juga hal yang utama. Milenial sebutnya tidak boleh mengaplikasikan salah satu dari nilai ini, namun harus secara keseluruhan. Ketiganya akan menciptakan karakter milenial yang bisa bersaing.

"Ketiganya harus pintar, berakhlak, beriman sehingga tidak menjadi jahat, julit, nyinyir tetap menjaga sopan santun," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ridwan kamil, generasi milenial

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top