Presiden Jokowi Wujudkan Impian Sutopo, Sang Penerus Informasi Bencana

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho akhirnya bisa merealisasikan keinginannya bertemu dengan Presiden Joko Widodo. 
Yodie Hardiyan | 05 Oktober 2018 15:21 WIB
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/10). - Bisnis/Yodie Hardiyan

Bisnis.com, BOGOR -- Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho akhirnya bisa merealisasikan keinginannya bertemu dengan Presiden Joko Widodo. 

Keduanya bertemu di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/10/2018). 

Sutopo, salah satu orang yang paling aktif menyampaikan informasi akurat mengenai bencana alam di Indonesia, memang memiliki impian bertemu dengan Joko Widoodo, seseorang yang dikaguminya sejak menjabat sebagai Walikota Solo. Impian itu akhirnya terwujud pada suatu siang yang cerah di Bogor.

Sutopo yang tetap aktif menyampaikan informasi kebencanaan melalui media sosial dan media konvensional kendati menderita kanker paru stadium 4B itu menggunakan batik lengan panjang ketika bertemu Presiden. Mereka berdua bertemu pukul 13.45 WIB di salah satu ruang kerja Presiden.

Semula, mereka dijadwalkan bertemu pada pukul 10.45 WIB. Namun, pertemuan itu diundur hingga seusai sembahyang Jumat karena Presiden melayat istri anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto, yaitu Sri Artiwi Sidarto, sebelum beribadah.

Sutopo, yang berasal dari Boyolali, Jawa Tengah (Jateng), sempat menyatakan asal usulnya dari daerah yang bersebelahan dengan tempat tinggal Jokowi, Solo. Dia mengaku senang bertemu dengan salah satu idolanya itu. "

Tadi saya sampaikan saya warga Boyolali. Pak Jokowi juga sampaikan 'wah kenal semua lah dengan Boyolali'," tutur Sutopo ketika menyampaikan keterangan kepada wartawan usai pertemuan yang berlangsung selama 30 menit itu.

Jokowi, yang berada di samping Sutopo dalam konferensi pers, memuji pria berusia 48 tahun itu yang selalu siap sedia menyampaikan informasi berkaitan dengan bencana alam seperti tsunami bahkan kebakaran dengan cepat, gamblang dan gampang diterima oleh masyarakat.

"Informasi-informasi itu disampaikan tidak sekali, sehari bisa 2 kali, 3 kali, 4 kali, sehingga informasi-informasi yang ada di lapangan selalu gamblang dan jelas," ujar Kepala Negara.

Di sela-sela kesibukannya menjadi penyalur informasi kebencanaan, Sutopo memiliki sejumlah mimpi bertemu sejumlah orang terkenal di Indonesia. Selain Jokowi, Sutopo juga memiliki keinginan bertemu penyanyi Indonesia, Raisa.

Namun, keinginan itu belum terwujud. Mereka berdua baru "bertemu" secara virtual melalui video call beberapa hari lalu.

Setelah bisa menemui Presiden Jokowi yang menjadi salah satu idolanya, apakah Sutopo bisa menemui idolanya yang lain yaitu Raisa? Kita tunggu saja, sambil tetap mewaspadai potensi bencana yang sewaktu-waktu dapat menimpa berbagai daerah rawan di Indonesia.

Tag : jokowi, sutopo purwo nugroho
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top