Wagub Jabar Perintahkan Pemda Cek Alat Deteksi Tsunami

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum meminta pemerintah daerah untuk memeriksa alat pendeteksi tsunami di wilayahnya, guna memastikan keberadaan alat peringatan tsunami itu berfungsi dengan baik.
Wisnu Wage Pamungkas | 02 Oktober 2018 12:35 WIB
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum (tengah). (Wisnu Wage - Bisnis)

Bisnis.com, BANDUNG — Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum meminta pemerintah daerah untuk memeriksa alat pendeteksi tsunami di wilayahnya, guna memastikan keberadaan alat peringatan tsunami itu berfungsi dengan baik.

Uu mengatakan pihaknya meminta pemda yang wilayahnya terdapat pantai agar memeriksa kembali alat peringatan dini tsunami. “Untuk memastikan berfungsi atau tidak, apakah masih laik digunakan atau sudah rusak. Itu perlu dicek kembali,” katanya di Bandung, Selasa (2/10/2018).

Menurutnya, alat-alat tersebut rata-rata tersebar di wilayah Selatan seperti Pantai Cipatujah, Tasikmalaya; Pangandaran dan Sukabumi. “Selain itu, saya minta jalur mitigasi bencana seperti plang atau papan jalur evakuasi itu juga dicek, khawatir papan atau plang itu rusak atau tertutup pepohonan,” ujarnya.

Pihaknya juga berharap kepada pemda kabupaten kota agar meningkatkan kewaspadaan dan bukan hanya daerah di dekat pantai, tapi daerah yang rawan longsor dan banjir longsor, apalagi sekarang mendekati musim hujan.

“Kemudian BPBD di tiap daerah diperhatikan tentang fasilitasnya, anggarannya, dan kalau bisa BPBD itu bekerja sama dengan seluruh lapisan masyarakat termasuk dengan ormas dan ponpres seperti di Tasikmalaya saya buat santri siaga bencana,” paparnya.

Tag : tsunami
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top