Gempa Donggala-Palu: Jokowi Sebut Banyak Negara yang Tawarkan Bantuan

Presiden Joko Widodo menyebut sejumlah kepala negara menyampaikan keinginannya untuk membantu penanganan gempa bumi dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah.
Amanda Kusumawardhani | 02 Oktober 2018 10:54 WIB
Jokowi saat diwawancarai wartawan - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo menyebut sejumlah kepala negara menyampaikan keinginannya untuk membantu penanganan gempa bumi dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah.

Jokowi merinci kepala negara yang dimaksud antara lain berasal dari Arab Saudi, Australia, dan Turki.

" Kawan-kawan kita dari negara lain banyak dan mereka menyampaikan apa yang dibutuhkan mereka akan kirim. Kemarin misalnya Sri Baginda Raja Salman juga telepon saya langsung, Presiden Erdogan Turki juga telepon saya langsung, kemudian juga PM Australia juga wa saya langsung," katanya di Istana Merdeka, Selasa (2/10).

Dia mengemukakan para kepala negara menanyakan bantuan apa yang paling dibutuhkan para pengungsi di Sulawesi Tengah. Oleh karena itu, dia sudah memerintahkan Menkopolhukam untuk mengidentifikasi kebutuhan di lapangan sehingga bisa segera disampaikan ke negara-negara yang ingin membantu.

Sebelumnya, Menkopolhukam Wiranto menambahkan teknis pemberian bantuan masih diatur. Hingga saat ini, dia merinci sudah ada beberapa negara yang menawarkan bantuan antara lain kawasan Asia Tenggara, Eropa, dan Amerika.

"Hari ini kita memanggil para dubes untuk membicarakan bantuan apa yang bisa ditawarkan dan kita juga sudah punya target-target, hal-hal yang dibutuhkan dalam rangka penanganan pengungsi itu," ujarnya.

Tag : Gempa Palu
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top