CPNS 2018: Portal SSCN Diaktifkan 19 September Pukul 00.01 WIB

Portal Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (SSCN) dengan alamat https://sscn.bkn.go.id, yang menjadi satu-satunya portal resmi pendaftaran Seleksi CPNS 2018, diperkirakan sudah bisa diakses mulai Rabu dinihari pukul 24.01 WIB.
Yusran Yunus | 18 September 2018 23:05 WIB
Gedung Badan Kepegawaian Negara - asn.id

Bisnis.com, JAKARTA – Portal Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (SSCN) dengan alamat https://sscn.bkn.go.id, yang menjadi satu-satunya portal resmi pendaftaran Seleksi CPNS 2018, diperkirakan sudah bisa diakses mulai Rabu dinihari pukul 24.01 WIB.

"Belum diputuskan. Semoga 24.01 WIB sudah bisa," kata sumber Bisnis di Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Selasa (18/5/2018).

Namun berdasarkan pengalaman pada Pendaftaran CPNS 2017, portal https://sscn.bkn.go.id, baru dapat diakses oleh para pelamar CPNS saat itu pukul 10.00 WIB.

Terlepas jam berapa persisnya portal tersebut dapat diakses, berdasarkan pernyataan pers BKN yang diterima Bisnis pada Selasa, proses pendaftaran CPNS 2018 melalui portal https://sscn.bkn.go.id dilakukan terhitung mulai Rabu (19/9/2018).

Dalam awal pembukaan portal SSCN, para pelamar dipersilakan untuk mendalami informasi mengenai syarat dan formasi jabatan yang sudah tertera di portal SSCN.

Total formasi yang tersedia untuk diperebutkan oleh pelamar berjumlah 238.015 yang terdiri dari 51.271 instansi pusat (76 kementerian/lembaga) dan 186.744 (525 instansi daerah).

BKN memperkirakan jumlah pengakses portal pendaftaran CPNS 2018, https://sscn.bkn.go.id pada masa pendaftaran, bakal mencapai 5 juta hingga 6 juta.

Dalam pernyataan resminya yang diterima Bisnis beberapa hari lalu, Kepala BKN Bima Haria Wibisana selaku Ketua Panitia Pelaksana Seleksi Nasional CPNS mengatakan sistem pendaftaran dan seleksi CPNS 2018 akan dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional via http://sscn.bkn.go.id.

"Tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh Instansi. Selanjutnya proses seleksi akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT BKN) baik untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)," ujarnya.

Selanjutnya untuk kesiapan lokasi tes seleksi CPNS 2018 hingga saat ini direncanakan dilaksanakan di 176 titik lokasi yang terdiri dari kantor BKN Pusat, 14 kantor regional BKN dan 14 unit pelaksana teknis (UPT) BKN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, fasilitas mandiri, dan kerja sama dengan pemerintah daerah.

"Untuk update persiapan pendaftaran CPNS 2018, tim SSCN BKN dan admin masing-masing Instansi sedang menginput seluruh formasi.” Ungkapnya,.

Perihal syarat administrasi pendaftaran, Kepala BKN mengimbau seluruh instansi penerima CPNS 2018 agar memberikan persyaratan yang wajar dan tidak menyusahkan masyarakat pelamar.

"Persyaratan seperti akreditasi dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) harus disesuaikan dengan indeks prestasi di wilayah masing-masing," ujarnya.

Tata Cara Mendaftar

  1. Buka dan klik website SSCN, https://sscn.bkn.go.id
  2. Buat akun SSCN 2018

- Pelamar dapat melihat informasi penerimaan CPNS 2018 melalui Portal SSCN

- Untuk melakukan pendaftaran, pilih menu Registrasi

- Pelamar mengisi: NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga

- Pelamar mengisikan alamat email aktif, password akun portal SSCN dan pertanyaan keamanan

- Pelamar mengunggah pass foto minimum ukuran 120 kb maksimum ukuran 200 kb dengan format JPG, JPEG

- Pelamar cetak Kartu Informasi Akun SSCN 2018

  1. Pelamar login ke portal SSCN menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan password yang telah didaftarkan
  2. Pelamar mengunggah foto diri memegang KTP dan Kartu

- Informasi akun sebagai bukti telah melakukan pendaftaran

  Pelamar melengkapi biodata

- Pelamar memilih instansi, formasi dan jabatan sesuai pendidikan

- Pelamar melengkapi data pada form yang tersedia

- Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan instansi

- Pelamar mengecek isian yang telah dilengkapi pada form Resume

- Pelamar cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018

  1. Pelamar hanya dapat memilih 1 (satu) jabatan pada 1 (satu) formasi dan 1 (satu) instansi

- Tim Verifikator melakukan verifikasi berkas atau dokumen yang diunggah/dikirimkan pelamar berdasarkan syarat pendaftaran

- Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapatkan kartu ujian yang digunakan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya sesuai dengan ketentuan instansi

  1. Tes CAT BKN dan tes lainnya.
Tag : pns, cpns, pegawai negeri sipil
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top