Pusat Tetapkan Riau Sebagai Embarkasi Haji Antara 2019

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemerintah pusat akhirnya menetapkan Provinsi Riau sebagai embarkasi haji antara di tahun depan.
Arif Gunawan | 17 September 2018 14:56 WIB
Pelaksanaan salat di Masjidil Haram, Makkah. - Reuters/Suhaib Salem
Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemerintah pusat akhirnya menetapkan Provinsi Riau sebagai embarkasi haji antara di tahun depan.
 
Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim mengatakan keputusan pusat ini, merupakan buah dari usaha pemprov untuk mewujudkan embarkasi haji di Bumi Lancang Kuning.
 
"Alhamdulillah embarkasi haji antara Riau sudah oke, hari ini ditetapkan dalam rapat di Kantor Staf Presiden," katanya Senin (17/9/2018).
 
Wan Thamrin mengatakan, setelah keputusan ini ditetapkan oleh pemerintah, perwakilan pusat akan datang ke Pekanbaru untuk melakukan peninjauan langsung ke lokasi fasilitas pendukung embarkasi haji antara.
 
Saat peninjauan itu, pemerintah yang diwakili oleh Kementerian Agama, Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, serta KSP akan memberikan pengarahan tentang pelaksanaan layanan embarkasi haji antara di Riau.
 
Keputusan ini disyukuri pemprov, karena banyak manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat setempat, termasuk pemda.
 
"Banyak dampak positif dengan penetapan ini, misalnya tidak perlu lagi jemaah haji asal Riau menginap di Batam, karena setelah terbang dari Pekanbaru, akan transit di Batam setelah itu langsung terbang ke Tanah Suci," katanya.
 
Selain itu akan ada penghematan lainnya seperti jemaah haji asal Riau tidak perlu lagi menyiapkan biaya transportasi lokal dari daerah asalnya ke Batam.
 
Adapun setiap tahunnya, Riau memberangkatkan sekitar 5.000 jemaah calon haji ke Tanah Suci Mekkah dan Madinah. 
Tag : riau, Ibadah Haji, embarkasi
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top