Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Papua Merdeka Latihan Militer di Yalimo Digagalkan Pasukan TNI/Polri

Aparat TNI/Polri di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua menggagalkan latihan militer kelompok yang ingin melepaskan diri dari NKRI.
Kelompok Papua Merdeka/Twitter - @FreePapua
Kelompok Papua Merdeka/Twitter - @FreePapua

Bisnis.com, WAMENA -  Aparat TNI/Polri di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua menggagalkan latihan militer kelompok yang ingin melepaskan diri dari NKRI.

Kapolres Jayawijaya AKBP Yan Pieter Reba di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Jumat (31/8/2018)  mengatakan sebanyak 240 warga sudah terlibat latihan militer selama satu pekan di Kabupaten Yalimo, yang dilakukan kelompok berseberangan tersebut.

Pada saat yang bersamaan, aparat menghentikan pertemuan tertutup komando tertinggi kelompok itu, dan menggagalkan pelantikan Recuit Markas Kordap XI Yali yang berlangsung di Kampung Alibarek, Distrik Abenaho, Kabupaten Yalimo.

"Selain tiga orang pimpinan yang kita amankan, 240 personel yang telah diambil keterangan. Pelatihan militer ini juga akan dilakukan di wilayah Yahukimo dan Pegunungan Bintang sehingga ini menjadi proyek percontohan yang dilakukan dahulu sebelum berpindah ke daerah lain," katanya.

Dari penggerebekan itu, polisi mengamankan satu bendera bintang kejora berukuran besar, dua cap, dua laptop, satu kamera, dokumen, pisau dan sejumlah seragam loreng yang digunakan untuk latihan militer.

"Sesungguhnya TNI/Polri tidak mencari masalah, tetapi  karena kewajiban untuk melindungi masyarakat yang merasa resah dengan tindakan yang dilakukan kelompok ini," katanya.

Saat penindakan di lapangan, tidak ada perlawanan berarti yang diberikan dari kelompok tersebut dan polisi yakin dengan penangkapan itu stabilitas keamanan di Yalimo tidak terganggu.

"Jangan lagi ada yang mempolitisir masalah ini jika TNI/ Polri arogansi. Kami melakukan tugas melindungi dan melayani masyarakat, menjaga keamanan. Saya yakin 240 warga yang direkrut juga dipaksa untuk ikut latihan militer," katanya.

Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Lukas Sadipun mengatakan TNI/Polri menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang telah melapor aktivitas latihan militer itu.

Menurut dia, masyarakat melapor sebab mereka sudah merasakan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah.

"Masyarakat melihat kegiatan seperti ini memberikan dampak yang tidak baik bagi generasi muda sehingga mereka lapor. Kami akui latihan yang dilakukan sudah seminggu dan kami tidak tahu kalau tidak ada masyarakat yang melapor," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper