Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Comcast Dapat Tahan Harga Penawaran untuk Sky

Comcast Corp. tidak perlu lagi menaikkan biaya penawarannya untuk Sky Plc, kecuali jika Fox menambah penawarannya sebelum akhir pekan ini.
/Bloomberg
/Bloomberg

Kabar24.com, JAKARTA – Comcast Corp. tidak perlu lagi menaikkan biaya penawarannya untuk Sky Plc, kecuali jika Fox menambah penawarannya sebelum akhir pekan ini.

Pasalnya, otoritas pengambilalihan usaha di Inggris pada Jumat (3/8) menahan harga saham untuk Sky di level 14 pound sterling per lembar saham, atau di bawah penawaran Comcast yang berjumlah 26 miliar pound (US$34 miliar).

Sejauh ini, penawaran Comcast untuk aset televisi berbayar di Inggris tersebut masih menjadi yang tertinggi. Comcast diperkirakan tidak perlu lagi menaikkan penawaran untuk dapat memenangkan Sky kecuali 21st Century Fox Inc. dan Walt Disney Co. menambah ukuran penawarannya.

Adapun, Sky telah menjadi rebutan dari Comcast dan Disney sejak tahun lalu. Comcast menginginkan Sky untuk dapat memperluas usaha penyiarannya di Eropa karena Sky memiliki pelanggan sebanyak 23 juta di sana.

Sementara itu, Disney juga menginginkan Sky dan akan mendapatkan Sky sebagai bagian dari pembelian sebagian besar saham Fox. Adapun, Fox masih berusaha mengakuisisi 61% saham Sky yang belum dimilikinya.

Keputusan dari Panel Pengambilalihan Usaha Inggris menegaskan kembali putusan sebelumnya, bahwa Disney harus memberikan harga untuk Sky sebesar yang ditawarkan oleh Fox, jika Fox atau pembeli lain gagal mengakuisisi kendali mayoritas di Sky. Adapun putusan tersebut direspons dengan permintaan banding oleh Sky.

Sementara itu, penawaran Comcast untuk Sky kini mencapai 14,75 pound per lembar saham, atau di atas ambang batas yang ditetapkan Panel Pengambilan Usaha Inggris.

Di sisi lain, Fox hanya menawarkan 14 poun per lembar saham, dan memiliki tenggat waktu hingga 9 Agustus 2018 untuk menyerahkan penawarannya kepada pemegang saham Sky. Jika Fox tidak menemebus penawaran yang diajukan Comcast, pemegang saham Sky berpotensi tidak akan menerima penawaran tersebut.

Disney mengingatkan,setiap 1 pound yang dinaikkan Fox di dalam penawaran untuk Sky akan menghasilkan utang tambahan sekitar US$1,5 miliar  dan bunga sebesar US$60 juta per tahun. Kendati demikian, Disney menyatakan tetap mendukung Fox jika ingin menaikkan harga penawarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper