Laporan dari Tokyo: Festival Indonesia Digelar di Hibiya Park, Begini Kemeriahannya!

Gelaran Festival Indonesia yang diselenggarakan di Hibiya Park, Tokyo, Jepang diharapkan bisa memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Jepang yang telah terjalin selama 60 tahun.
Riendy Astria | 29 Juli 2018 14:06 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Jepang Arifin Tasrif (kedua dari kiri) bersama istri dan General Manager BNI Tokyo Ario Bimo saat mengunjungi booth milik mitra binaan BNI. (Riendy Astria - Bisnis).

Bisnis.com, TOKYO -- Gelaran Festival Indonesia yang diselenggarakan di Hibiya Park, Tokyo, Jepang diharapkan bisa memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Jepang yang telah terjalin selama 60 tahun.

Utusan Khusus Presiden untuk Jepang Rachmat Gobel mengatakan bahwa acara Festival Indonesia di Tokyo ini bukan sekadar peringatan hubungan diplomatis antara Indonesia dan Jepang. Namun, lebih untuk memperkuat kerja sama yang lebih besar lagi, terutama sumber daya manusia.

"Kerja sama itu bukan sekadar kerja sama, tapi dari hati ke hati," kata Rachmat, ditemui di sela-sela Festival Indonesia di Tokyo, Minggu (28/7/2018).

Dia menjelaskan, saat ini kerja sama antara Indonesia dan Jepang sudah cukup kuat. Investasi Jepang di Indonesia cukup besar, terutama dari sektor otomotif.

"Pengembangan sumber daya manusia harus terus ditingkatkan. Investasi Jepang masuk ke Indonesia, itu membangun SDM yang ada di sini. Kualitas SDM harus diperkuat sehingga bisa menghasilkan produk yang berkualitas juga dan bisa diekspor," jelasnya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan bahwa kerja sama Indonesia dan Jepang sudah kuat, baik dari sisi politik, sosial, ekonomi, budaya, pariwisata, dan sebagainya.

"Dari sisi ekonomi, sekitar 1.800 perusahaan Jepang beroperasi di Indonesia. Di sektor pendidikan, kerja sama riset dan teknologi juga cukup kuat."

General Manager PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Tokyo Ario Bimo mengatakan bahwa sebagai perusahaan milik negara, perseroan juga berkomitmen untuk terus mendukung kerja sama antara Indonesia dan Jepang. "Kami siap mendukung, terutama dari sisi pembiayaan. Saat ini kami terus melakukan pendekatan dengan sejumlah perusahaan untuk terus memperkuat kerja sama," jelasnya.

Adapun, BNI mendukung acara Festival Indonesia di Tokyo dengan cara mengajak mitra binaan perseroan untuk melakukan promosi di Tokyo. Kedua mitra tersebut adalah Galeri Kerajinan Tenun Ikat Dayak asal Pontianak, Kalimantan Barat dan Jendra Jewelry asal Sleman, Yogyakarta.

Festival Indonesia di Tokyo digelar dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan diplomatis antara Jepang dan Indonesia. Sejumlah pejabat negara turut hadir dalam acara tersebut, termasuk mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri.

Berikut potret kemeriahan acara di Festival Indonesia:

 

 

 

 

 

Tag : jepang
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top