Pesawat Hercules TNI AU Terbangkan Api Asian Games ke Makassar

Setelah berada di Raja Ampat dan Sorong Papua Barat, api Asian Games melanjutkan perjalanannya ke Makassar, Sulawesi Selatan, menggunakan pesawat C-130HS Hercules TNI AU pada Sabtu (28/7/2018).
Annisa Sulistyo Rini | 28 Juli 2018 23:18 WIB
Atlet pencak silat asal Bulukumba, Selvi (kiri), bersama Artis Mario Lawalata (kanan) membawa obor Asian Games 2018 menggunakan perahu di Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Tana Beru, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Sabtu (28/7). Pawai obor Asian Games di Bulukumba menggunakan kapal pinisi menuju ke tempat wisata Pantai Bira. - Antara/Abriawan Abhe

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah berada di Raja Ampat dan Sorong Papua Barat, api Asian Games melanjutkan perjalanannya ke Makassar, Sulawesi Selatan, menggunakan pesawat C-130HS Hercules TNI AU pada Sabtu (28/7/2018).

Seperti dikutip dari website resmi TNI AU, pesawat Hercules dengan tail number A-1341 ini terbang dari Bandara Domine Eduard Ossok Sorong pukul 07.00 WIT dan mendarat di Lanud Sultan Hasanuddin Makassar sekitar pukul 09.00 WITA.

Pesawat C-130HS Hercules VIP ini juga merupakan bagian dari Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma yang ditugaskan untuk mendukung tugas pengantaran dan pengawalan api Asian Games 2018 dan tim Torch Relay ke seluruh Indonesia.

Prosesi pengantaran ditandai dengan penyerahan api Asian Games dari Kapolres Sorong Kota AKBP Mariochristy P. S. Siregar kepada Kepala Bandara Domine Eduard Ossok Sorong Kolonel Laut (P) Agus Irianto.

Selanjutnya dari Kepala Bandara, diserahkan kepada Pangkoopsau III Marsda TNI Tamsil Gustari Malik untuk kemudian diberikan kepada Marsma TNI Eko Dono Indarto selaku pimpinan kontingen pengantaran dan pengawalan untuk diterbangkan ke Makassar.

Pangkoopsau III Marsda TNI Tamsil Gustari Malik merasa sangat bangga dapat berpartisipasi dalam kegiatan Torch Relay api Asian Games 2018 ini.

“Saya bersyukur dan bangga bisa mengawal dan mengamankan perjalanan api Asian Games selama berada di Papua Barat yang termasuk wilayah kerja Koopsau III selama 3 hari 2 malam. Sekarang api saya serahkan kepada pemimpin kontingen untuk dibawa ke Makassar dengan pesawat TNI AU,” ujarnya sesaat sebelum menyerahkan api Asian Games kepada pimpinan kontingen.

Sebelumnya, pada Rabu (18/7/2018), api untuk obor Asian Games 2018, yang berasal dari India dan Mrapen, disatukan di hadapan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Api obor Asian Games 2018 akan diarak perwakilan dari daerah, sponsor, dan panitia menuju 18 provinsi yang mencakup 53 kota di Indonesia.

Jika tidak ada aral melintang, obor Asian Games 2018 akan tiba di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta untuk upacara pembukaan Asian Games ke-18 pada Sabtu (18/8/2018).

Tag : Asian Games 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top