Duta Seni Lampung Pentaskan Ratu Ali di Prambanan

SMA Islam Terpadu (IT) Sumberejo, Kabupaten Tanggamus, Lampung, akan tampil sebagai Duta Seni Pelajar mewakili Lampung pada Ajang Festival Duta Seni Pelajar Tingkat Nasional di Yogyakarta.
M. Syahran W. Lubis | 18 Juli 2018 14:32 WIB
SMA Islam Terpadu Sumberejo, Kabupaten Tanggamus, Lampung, tengah berlatih Sendratari Ratu Ali - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – SMA Islam Terpadu (IT) Sumberejo, Kabupaten Tanggamus, Lampung, akan tampil sebagai Duta Seni Pelajar mewakili Lampung pada Ajang Festival Duta Seni Pelajar Tingkat Nasional di Yogyakarta.

Duta Seni ini akan menaja Sendratari bertajuk: Ratu Ali di Amphi Teater Ramayana, Candi Prambanan, Yogyakarta, Rabu (18/7) malam.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung Sulpakar mengatakan Duta Seni Pelajar ini mempunyai misi memperkenalkan seni budaya Lampung ke pentas nasional.

Para pelajar dari SMA IT Sumberejo ini akan menampilkan kreativitas mereka dalam pentas Sendratari Ratu Ali yang mengisahkan legenda rakyat setempat.

”Sendratari ini selain dikemas dengan elok juga  sarat dengan muatan kearifan lokal. Ini salah satu langkah strategis dalam memperkenalkan Lampung di tingkat nasional,” papar Sulpakar melalui siaran pers.

Sementara itu, Kasi Kebudayaan Disdikbud Provinsi Lampung R. Hari W. Jayangingrat mengemukakan Sendratari Ratu Ali ini didukung 40 orang yang terdiri dari penari, pemusik, dan ofisial.

Sendratari Ratu Ali, lanjut Hari yang juga bertindak sebagai Diretur Artistik, kisahnya diilhami dari cerita rakyat di Kabupaten Tanggamus.

Dahulu di daerah Lelumbayan Kabupaten Tanggamus hidup seorang ulama bernama Ratu Ali. Dia sosok pribadi yang gagah dan menjadi penyebar Islam.

Suatu hari Ratu Ali bermimpi buruk melalui perlambang perjumpaannya dengan seorang kakek. Dalam mimpi itu, kakek tersebut menyampaikan bahwa Ratu Ali harus tirakat atau bertapa di Teluk Paku Kelumbayan selama 40 hari.

Dalam pertapaannya dia disambut ribuan kelelawar. Gangguan demi gangguan terlewati sehingga dia mendapatkan kesaktian. Pada suatu hari daerah tersebut didatangi dua ekor naga yang merusak pekarangan warga. Pperangan antara Ratu Ali dan naga pun terjadi dan dengan kesaktiannya Ratu Ali dapat mengalahkan naga tersebut.

Tag : kesenian, tarian
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top