PILEG 2019: PKPI Paling Sedikit Mengirim Bacaleg

Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) menjadi partai yang paling sedikit mengirim bakal calon legislatif atau bacaleg DPR untuk pemilu 2019.
Jaffry Prabu Prakoso | 18 Juli 2018 11:08 WIB
Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) AM Hendropriyono (tengah) didampingi kader partainya usai menghadiri pembacaan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) di Jakarta, Rabu (11/4). PTUN memutuskan menerima gugatan PKPI dan berhak menjadi peserta Pemilu 2019. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) menjadi partai yang paling sedikit mengirim bakal calon legislatif atau bacaleg DPR untuk pemilu 2019.

Sekertaris Jenderal PKPI Verry Surya Hendrawan mengatakan partainya hanya mengajukan 176 bacaleg di 76 daerah pemilihan (dapil).

“Kami fokus lebih pada kualitas calon, hal ini karena ada aturan partai yang harus diikuti,” katanya usai menyerahkan berkas pendaftaran di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (17/7/2018) malam.

Di kursi tingkat DPRD PKPI juga tidak mengusung banyak nama. KPU Bangka Belitung mencatat tidak ada calon dari PKPI. Di Kalimantan Tengah, partai yang lolos verifikasi setelah mengajukan gugatan ini mengosongkan tiga dapil.

Partai lainnya yang sedikit mengirim nama bacaleg adalah Partai Garuda dengan mengusung 368 calon. Bedanya mereka mengirim penuh untuk 80 daerah pemilihan.

KPU memberikan batas maksimal pendaftaran bacaleg DPR sebanyak 575 calon untuk 80 daerah pemilihan yang tersebar di 34 provinsi.

Pendaftaran bacaleg DPR untuk pemilihan umum 2019 telah ditutup dini hari tadi. Banyak partai yang terdaftar telah menyerahkan berkas di menit akhir menjelang penutupan.

Tag : pileg 2019
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top