Festival Muara Baru 2018 Dibuka, Ada Lomba Masak Ikan Koki Kapal

Berbagai kegiatan positif akan digelar di antaranya bersih-bersih kawasan muara, lomba masak ikan oleh koki nelayan kapal, hingga kompetisi dragon boat.
Rayful Mudassir | 17 Juli 2018 17:33 WIB
Suasana di proyek pembangunan tanggul laut di Muara Baru, Jakarta Utara, Selasa (31/10). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Festival Muara Baru 2018 dimulai pada hari ini, Selasa 17 Juli yang akan berlangsung selama satu bulan hingga hingga 17 Agustus di kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta Muara Baru.

Hajatan ini diselenggarakan oleh Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta (PPSNZJ).

Festival yang akan berlangsung selama satu bulan mulai 17 Juli hingga 17 Agustus 2018 ini, diinisiasi untuk menyambut ulang tahun PPSNZJ ke-34 yang jatuh pada 17 Juli. Festival ini sekaligus digelar untuk menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 pada tanggal 17 Agustus 2018.

“Melalui Festival Muara Baru, kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama merayakan hari jadi PPS Nizam Zachman Jakarta dan HUT RI melalui berbagai kegiatan positif. Di antaranya: bersih-bersih kawasan, lomba masak ikan oleh koki nelayan kapal, kompetisi dragon boat, dan donor darah,” ujar Direktur Utama Perum Perindo, Risyanto Suanda dalam keterangannya, Selasa (17/7/2018).

Festival Muara Baru 2018, lanjutnya, bertujuan untuk memperkuat posisi Muara Baru sebagai ikon DKI Jakarta dalam hal pelabuhan perikanan yang bercitra sehat, bersih dan nyaman. Festival ini juga diharapkan mampu meningkatkan engagement dan kerjasama dengan para stakeholder.

Berangkat dari misi tersebut, pada pembukaan Festival Muara Baru disosialisasikan lomba kebersihan kawasan. Para mitra kerja di wilayah Muara Baru diajak untuk berkompetisi dalam menciptakan kebersihan kawasan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

Selain itu, ada penyerahan alat kebersihan kepada kapten kapal nelayan guna mendorong para anak buah kapal (ABK) turut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan kawasan khususnya di bagian perairan.

Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta Rahmat Irawan menuturkan akan mendukung secara penuh digelarnya acara Festival Muara Baru. Pihaknya akan mengerahkan seluruh stakeholders pada jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk meramaikan Festival Muara Baru. “Ajang Festival Muara Baru menjadi momentum untuk mengenalkan kawasan pelabuhan perikanan yang bersih, sehat dan nyaman,” ungkapnya.

Masih dalam kaitan kebersihan kawasan, Jumat (20/7/2018) akan diselenggarakan Gerakan Muara Baru Bersih. Aksi bersih-bersih ini menargetkan sedikitnya 500 peserta untuk berpartisipasi dalam agenda bersih lingkungan yang dilanjutkan dengan workshop mengenai pengelolaan sampah.

Selanjutnya dari 27 Juli hingga 3 Agustus, berbagai lomba dan pertandingan akan diselenggarakan untuk seluruh masyarakat mulai dari pertandingan futsal, tenis meja, lomba mancing hingga panjat pinang dengan total hadiah puluhan juta rupiah.

Puncak acara Festival Muara Baru dihelat pada Sabtu, 11 Agustus. Sejumlah kegiatan digelar untuk menyemarakkan puncak festival seperti zumba, lomba masak ikan oleh juru masak nelayan kapal, makan ikan gratis, kompetisi perahu naga, lomba foto Instagram, dan donor darah.

Festival untuk seluruh anggota keluarga ini juga dilengkapi dengan area bermain anak dan lomba mewarnai untuk diikuti oleh anak usia 12 tahun ke bawah dengan hadiah menarik. Festival Muara Baru akan ditutup dengan Upacara Peringatan HUT RI ke-73 pada Jumat (17/8/2018).

Tag : festival
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top