Menlu RI dan Menlu Jepang Bertemu di Gedung Pancasila. Ini Hasilnya

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi dan Menlu Jepang Taro Kono telah melaksanakan pertemuan the 6th Strategic Dialogue Indonesia-Jepang.
Muhammad Ridwan | 25 Juni 2018 14:28 WIB
Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi (kanan) berfoto bersama Menlu Jepang Taro Kono. - Bisnis/M. Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi danlu Men Jepang Taro Kono telah melaksanakan pertemuan the 6th Strategic Dialogue Indonesia-Jepang. Pertemuan berlangsung di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin (25/6/2018) pagi.

Kunjungan Menlu Jepang yang pertama ini bertepatan dengan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang.

Pertemuan bertujuan untuk meningkatkan kerja sama bilateral kedua negara di bidang politik, keamanan, ekonomi, perdagangan, dan investasi, serta penjajakan peluang kerja sama strategis kedua negara

“Kami sudah menyepakati kerja sama untuk mengembangkan infrastruktur,” ujar Retno.

Kedua Menlu juga menyepakati untuk menjajaki kemungkinan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi bagi produk manufaktur.

Dalam kesempatan tersebut, keduanya menyaksikan penandatanganan Exchange of Notes (EN) on Integrated Marine and Fisheries Centers and Fish Market.

Kedua Menlu juga menyepakati pentingnya mendorong kerja sama Selatan-Selatan dan Triangular untuk memperkuat dukungan pembangunan di Palestina dan negara-negara di kawasan Afrika.

Kedua Menlu akan bertolak ke Bangkok, Thailand pada 26 Juni untuk mengunjungi Forum Tingkat Menteri CEAPAD guna membahas bantuan pembangunan bagi Palestina.

Tag : bilateral ri-jepang
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top