Gugatan Kapoor Terhadap NRA Atas Pelanggaran Hak Cipta

Gugatan Kapoor Terhadap NRA Atas Pelanggaran Hak Cipta
Aprianus Doni Tolok | 21 Juni 2018 02:08 WIB
Ilustrasi

Bisnis.com, CHICAGO - Pematung Inggris Anish Kapoor menggugat National Rifle Association of America (NRA) pada Selasa (19/6/2018). NRA dituduh menggunakan karya Kapoot berupa patung "Cloud Gate" di Millennium Park Chicago tanpa izin untuk dalam video perekrutan tanpa izin.

NRA adalah organisasi nirlaba yang mendukung penggunaan senjata api oleh masyarakat sipil. Video berdurasi sekitar 1 menit yang dinarasikan oleh juru bicara NRA Dana Loesch berisikan tuduhan terhadap pengkritik yang mengarah pada gertakan dan teror kepada orang yang taat hukum.

Video tersebut ditujukan antara lain kepada sekolah-sekolah, media, dan industri perfilman Hollywood.

Kapoor mengajukan gugatan pelanggaran hak cipta setelah mengeluarkan surat terbuka "The Clenched Fist of Truth" sebagai upaya untuk membuktikan pelanggaran yang NRA lakukan dan menuntut ganti rugi sebesar US$150.000 untuk pelanggaran yang dianggap sebuah kesengajaan.

Menurutnya, beberapa pihak yang menentang NRA mendukungnya untuk melakukan gugatan tersebut. Dia juga menganggap kampanye NRA dapat memecah belah nilai demokrasi dan kemanusiaan rakyat Amerika.

"Mengingat solidaritas dan dukungan ini saya didorong untuk menghadapi organisasi ini dan meminta pertanggungjawaban atas untuk pelanggaran hak cipta," ujarnya seperti dikutip dari Reuters.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
patung

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top