Indonesia Siapkan Daftar Kerja Sama Sambut Kedatangan PM Modi

Presiden Joko Widodo dijadwalkan menerima kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi pada 29-31 Mei 2018.
Amanda Kusumawardhani | 28 Mei 2018 17:05 WIB
Perdana Menteri India Narendra Modi - REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo dijadwalkan menerima kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi pada 29-31 Mei 2018.

Kedatangan PM Modi ke Indonesia merupakan kunjungan resmi pertamanya sekaligus balasan atas kunjungan Presiden Joko Widodo pada Januari tahun ini.

“Ada beberapa memorandum of understanding [MoU]. Semuanya sedang kita coba selesaikan, jadi gak saya sampaikan sekarang karena semuanya dalam persiapan tahap akhir. Tapi yang penting bahwa India merupakan salah satu mitra penting Asia, baik dari segi ekonomi maupun geopolitik,” kata Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi di Istana Negara, Senin (28/5).

Meski tidak banyak menjelaskan mengenai sektor MoU yang akan dikerjasamakan, Retno memastikan salah satunya kerja sama yang ingin didorong adalah pertahanan.

Berdasarkan data yang dimiliknya, nilai perdagangan Indonesia-India terus meningkat hingga tahun lalu mencapai US$18,7 miliar. Sebaliknya, jumlah turis India yang berkunjung ke Indonesia juga diakuinya meningkat dari waktu ke waktu.

“Dan untuk turisnya sekarang turis India yang sudah masuk sedang booming, peningkatan dari 2016 -2017 bisa 28,8%, jumlahnya hampir 500.000 orang,” tambahnya.

Tag : kerjasama ri-india
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top