Viacom Menang Banding, Krusty Krab Tak Boleh Digunakan untuk Nama Restoran

Pengadilan Banding AS memenangkan Viacom Inc dalam perkara merek dagang The Krusty Krab melawan seorang pemilik restoran asal Texas.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 23 Mei 2018 13:44 WIB
Balon SpongeBob SquarePants ikut dalam parade Thanksgiving di New York City, New York, AS, pada 23 November 2017. - Reuters/Shannon Stapleton

Bisnis.com, JAKARTA -- Pengadilan Banding AS memenangkan Viacom Inc dalam perkara merek dagang The Krusty Krab melawan seorang pemilik restoran asal Texas.

Hakim Priscilla Owen mengatakan Viacom mampu membuktikan bahwa pengunjung mungkin akan bingung jika IJR Capital Investments LLC dan pemiliknya, Javier Ramos, menggunakan nama tersebut di restorannya.

Seperti diketahui, Krusty Krab adalah restoran yang terletak di kota bawah laut Bikini Bottom, di mana karakter SpongeBob SquarePants bekerja sebagai juru masaknya.

Dilansir dari Reuters, Rabu (23/5/2018), Owen juga menyatakan bahwa meskipun Viacom belum mendaftarkan nama Krusty Krab kepada Kantor Paten dan Merek Dagang AS, nama itu cukup penting untuk seri "SpongeBob".

Dia melanjutkan Krusty Krab telah muncul di 166 dari 203 episode SpongeBob sejak debut serial tersebut pada 1999 di saluran televisi Nickelodeon milik Viacom, serta dua film layar lebar.

Owen mengungkapkan hal itu membuat nama Krusty Krab sama seperti Daily Planet, nama surat kabar tempat Clark Kent bekerja dalam film "Superman" atau sama dengan mobil oranye milik General Lee dalam film "The Dukes of Hazzard".

Kedua nama tersebut sebelumnya telah mendapat perlindungan merek dagang dalam putusan pengadilan lain.

“Di benak konsumen, Krusty Krab mengidentifikasi sumber produk, yaitu Viacom, pencipta alam fiksi "SpongeBob SquarePants" dan penghuninya,” paparnya dalam keterangan resmi seperti dilansir dari Reuters, Rabu (23/5).

Pengacara untuk IJR dan Ramos tidak mau memberikan komentar akan putusan pengadilan tersebut begitupun dengan pengacara dari Viacom.

Ramos sebelumnya mengklaim tidak pernah mendengar nama itu ketika mencari nama untuk jaringan restoran seafood-nya. Dia memilih Krusty Krab setelah mengecek Google dan tidak menemukan satu restoran pun yang menggunakannya.

Tag : sengketa merek
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top