Berencana Menonton Piala Dunia Langsung di Rusia? Hati-hati Pilih Restoran!

Sebuah perusahaan pemasaran di Rusia mengakui menawarkan layanan ulasan palsu bagi restoran-restoran di kota-kota yang menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia 2018.
Annisa Margrit | 21 Mei 2018 13:34 WIB
Maskot Piala Dunia 2018, Zabivaka, dipasang di depan stadion sepakbola Rostov na Donu di Rusia, Sabtu (12/5). - Reuters/Sergey Pivovarov

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketika sedang berada di luar negeri, seringkali kita menggunakan platform khusus untuk mencari restoran, tempat belanja, hotel, atau lokasi wisata yang direkomendasikan banyak orang.

Rekomendasi yang baik dari banyak orang sering diartikan bahwa lokasi tersebut memiliki kualitas produk dan layanan yang juga bagus. Namun, hal ini turut dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sebuah perusahaan pemasaran di Rusia mengakui menawarkan layanan ulasan palsu bagi restoran-restoran di kota-kota yang menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia 2018. Mereka bersedia memberikan sejumlah ulasan bagus agar rating restoran tersebut naik di aplikasi Trip Advisor.

Perusahaan bernama Bacon Agency itu mengklaim dapat menghindari algoritma Trip Advisor yang bisa mendeteksi ulasan palsu dan menayangkan ulasan dalam bahasa asing.

Dilansir dari Reuters, Senin (21/5/2018), dengan biaya 35.000 rubel atau hampir Rp8 juta mereka menjanjikan kliennya masuk ke daftar 10 besar Trip Advisor.

"Kami memahami bahwa ini ilegal dalam artian Trip Advisor menentangnya," ujar pemilik Bacon Agency Roman Baldanov.

Dia melanjutkan model pemasaran ini masih uji coba karena mereka melihat permintaan yang tinggi.

"Kami bukan orang jahat yang mengatakan bahwa mereka harus menipu. Semua restoran tahu ulasan yang diberikan dilakukan sesuai pesanan dan banyak orang menggunakan layanan ini," tutur Baldanov.

Dia mengklaim belum ada yang menggunakan jasanya.

Adapun Trip Advisor, yang banyak digunakan para pelancong dari seluruh dunia ketika traveling sebagai aplikasi rujukan, menegaskan tidak mendukung manipulasi peringkat bisnis.

"Kami menentang segala bentuk manipulasi peringkat bisnis. Tim investigasi kami sangat proaktif dan efektif dalam menangkap orang-orang yang mencoba menggunakan ulasan palsu demi uang," ucapnya.

Sebanyak 11 kota Rusia akan menjadi tuan rumah 64 pertandingan Piala Dunia 2018, yang dijadwalkan digelar pada 14 Juni-15 Juli. Selain Moskow, kota-kota lainnya adalah Saint Petersburg, Kaliningrad, Nizhny Novgorod, Sochi, Kazan, Samara, Volgograd, Yekaterinburg, Saransk, dan Rostov na Donu.

Sumber : Reuters

Tag : piala dunia 2018, Trip Advisor
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top