Kuliah di Spanyol Diklaim Lebih Murah di antara Negara Eropa Lainnya

Para siswa kelas 12 telah menyelesaikan pendidikannya di tingkat menengah atas atau SMU. Setelah itu mereka mengikuti tes masuk perguruan tinggi negeri untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.
Mia Chitra Dinisari | 13 Mei 2018 07:41 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi sebagian orang tua siswa, mendengar kuliah di luar negeri mungkin akan langsung berpikir tentang biaya perkuliahan dan juga biaya hidup anak mereka selama menjalani pendidikan disana. Tetapi ternyata ada Negara yang memiliki kualitas pendidikan sangat baik dengan biaya terjangkau.

Dalam kegiatan "Study in Spain", Campus Spain, mengundang beberapa pihak sekolah yang ada di Indonesia ke Gedung Kedutaan Besar Spanyol.

Mereka menjelaskan bagaimana mengenyam pendidikan di Spanyol memberikan kesempatan, juga dukungan bagi pelajar Indonesia agar mendapatkan akses ke universitas ternama disana untuk program sarjana, master, maupun tingkat yang lebih tinggi lagi.

Menurut Malgorzata Kozyra, Head of International Students Department in Campus Spain, biaya pendidikan dan biaya hidup di Spanyol termasuk yang termurah diantara Negara-negara Eropa lainnya seperti Jerman dan Belanda.

“Biaya pendidikan yang terbilang sangat kompetitif apabila dibandingan dengan institusi-institusi terkemuka di dunia. Anda bisa tahu jika biaya hidup di Spanyol jauh lebih murah daripada di Jerman dan Belanda,” ungkap Kozyra dalam siaran persnya.

Menjadi menarik lagi, untuk masuk ke perguruan tinggi di Spanyol, para pelajar tidak perlu melakukan beberapa ujian khusus seperti GMAT, TOEFL, ataupun IELTS.

“Biaya untuk satu tahun pendidikan program sarjana, hanya menghabiskan sekitar US$930 atau jika dihitung dalam rupiah, sekitar Rp12 juta saja,” kata Gonzalo Martinez Nogueria, Director of Campus Spain.

Selain biaya kuliah yang murah, Pemerintah Spanyol dalam hal ini lewat program “Study in Spain” memberikan subsidi pendidikan serta menawarkan banyak beasiswa yang tentunya akan sangat membantu para pelajar Indonesia.

Ada banyak hal menarik lainnya yang ditawarkan “Study in Spain”, para pelajar bisa mendapatkan pengalaman lebih sambil bekerja paruh waktu dan membantu keuangan mereka selama menjalani pedidikan di Spanyol.

“Program ‘Study in Spain’ juga menawarkan jenjang karir yang akan didapatkan bagi setiap lulusan dari universitas di Spanyol,” tambah Nogueria.

Hal ini menjadi salah satu topik yang krusial karena para pelajar tentunya harus memikirkan karir mereka selepas dari universitas.

Mereka juga mendampingi pelajar dalam pengurusan visa, pendaftaran ke universitas, mencarikan akomodasi, dukungan asuransi medis, pelayanan penjemputan di bandara, 24-7 emergency contact dan banyak lagi.

Tag : kuliah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top