Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

PDIP Optimistis Raup 30% Suara di Pileg 2019

Politisi PDIP Darmadi Durianto optimistis PDIP akan mampu mearih target raihan suara 30% pada pemilihan anggota legislatif 2019 sekaligus mengantarkan Presiden Jokowi ke periode kedua pemerintahannya.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 06 Mei 2018  |  18:06 WIB
PDIP Optimistis Raup 30% Suara di Pileg 2019
Presiden Joko Widodo (dari kiri) disambut oleh Panitia Pengarah Rakernas PDIP Prananda Prabowo, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, kader PDIP Yasonna Laoly, dan kader PDIP Tjahjo Kumolo dalam pembukaan Rakernas III PDIP di Sanur, Bali, Jumat (23/2). - ANTARA/Nyoman Budhiana
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Politisi PDIP Darmadi Durianto optimistis PDIP akan mampu meraih target raihan suara 30% pada pemilihan anggota legislatif 2019 sekaligus mengantarkan Presiden Jokowi ke periode kedua pemerintahannya.

Menurut Anggota Komisi VI DPR dari daerah pemilihan Jakarta itu, hingga kini partai berkuasa tersebut masih merajai sejumlah hasil survei. Dengan raihan hasil survei di kisaran 26% sampai 27%,

PDIP diproyeksikan mampu memenuhi target suara 30% nantinya, atau naik siginfikan dan raihan di 19% pada Pemilu 2014.

Bahkan, untuk DKI Jakarta dia optimistis akan ada penambahan sedikitnya satu kursi dari enam kursi untuk DPR RI yang diraih pada Pemilu 2014.

Menurutnya, Pilkada DKI Jakarta yang mengantar pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai gubernur dan wakil gubernur dari Partai Gerindra dan PKS pada Pilgub 2017, tidak terlalu berpengaruh terhadap elektabilitas PDIP menurut hasil survei.

“Efek Pilkada DKI Jakarta ada , tapi tidak signifikan sebagaimana terlihat dari hasil survei,” ujar Darmadi kepada wartawan, Minggu (6/5/2018).

Tak Sulit

Dia mengatakan kalau PDIP bisa memenangkan pemilihan gubernur di sejumlah provinsi berpenduduk padat, maka target itu tidak akan terlalu sulit untuk dicapai. Beberapa di antara provinsi tersebut adalah Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.

“Di provinsi ini kami yakin menang selain di sejumlah wilayah lainnya,” ujarnya.

Apalagi, hingga kini kinerja Presiden Jokowi di bidang pembangunan infrastruktur dan pemberantasan korupsi telah menunjukkan hasil nyata meski masih ada sejumlah kinerja kementerian yang harus dibenahi, ujarnya.

Namun demikian, dia mengakui kinerja para menteri kabinet akan ikut memengaruhi elektabilitas PDIP dan Presiden Jokowi.

Menurut Ketua Komite Ekonomi DPP PDIP itu, untuk mencapai target tersebut pihaknya terus menanamkan semangat kepada kader untuk lebih mengutamakan elektabilitas partai ketimbang figur yang diusung. Pasalnya, persaingan 16 partai nasional akan berlangsung ketat pada Pileg 2019.

“Apalagi akan ada ambang batas masuk parlemen sebesar 4% (parliamentary threshold) selain masuknya sejumlah partai politik baru yang bisa mencuri suara dari partai-partai yang sudah ada,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pilpres 2019 pileg 2019
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top