Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Dinas untuk Mudik Lebaran: KPK Melarang, Menpan Perbolehkan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengimbau pimpinan instansi pemerintah tidak mengizinkan pegawainya menggunakan fasilitas dinas untuk keperluan pribadi.
Mobil dinas Pemkot Surakarta/Antara
Mobil dinas Pemkot Surakarta/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengimbau pimpinan instansi pemerintah tidak mengizinkan pegawainya menggunakan fasilitas dinas untuk keperluan pribadi.

Juru bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan ketentuan itu sesuai dengan surat edaran yang pernah dikeluarkan KPK tahun 2016 soal perayaan hari-hari besar.

“Itu diimbau untuk menghindari konflik kepentingan dalam penggunaan wewenang atau posisi,” kata dia di kantornya, kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa (2/5/2018).

Febri mengatakan itu saat menanggapi rencana Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) yang membolehkan kendaraan dinas dipakai untuk mudik lebaran.

Asman mengatakan kendaraan dinas bolah dipakai asal bensin dan biaya perawatan ditanggung pemakai. Dia belum menjelaskan jenis kendaraan yang boleh dipakai mudik. Dia mengatakan sedang menyusun aturan resmi soal itu.

Soal rencana itu, Febri mengingatkan pemerintah perlu membedakan secara tegas antara fasilitas pribadi dan fasilitas negara. Fasilitas negara, kata dia, digunakan hanya untuk mendukung pelaksanaan tugas, bukan urusan pribadi.

Febri menuturkan pemisahan antara dua kepentingan itu sangat mendasar dalam upaya pencegahan korupsi. Menurut dia, KPK tidak bisa berkompromi soal perbedaan ini.

“Sikap kompromi yang melewati batasan fasilitas negara dan pribadi akan berisiko pada pencegahan korupsi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper