DPR Umumkan Komisioner KPPU Baru Senin Depan

Komisi VI DPR RI memastikan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan memiliki sembilan komisioner baru mulai pekan depan.
Yanuarius Viodeogo | 20 April 2018 09:37 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Komisi VI DPR RI memastikan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan memiliki sembilan komisioner baru mulai pekan depan.

Anggota Komisi VI DPR RI Nasril Bahar mengatakan seluruh calon komisioner KPPU yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo yangsebanyak 18 orang, sudah selesai menjalani tahap fit and proper test.

"Finalisasi pemilihan sembilan komisioner KPPU pada 23 April 2018. Semua calon sudah melewati tahap fit and proper test, masing-masing fraksi sudah mendalami data setiap calon komisioner," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (19/4/2018).

Nasril mengklaim selama proses fit and proper test berlangsung, para calon komisioner tidak mendapat intervensi ataupun tekanan dari parlemen.

"Termasuk nanti dari sembilan komisioner itu siapa yang menjadi ketua dan wakil ketua KPPU, yang menentukan karena itu mekanismenya dari KPPU sendiri," terangnya.

Nasril mengakui ada dinamika alot yang terjadi selama proses pencarian calon komisioner dan penetapan calon-calon yang diusulkan oleh Presiden. Namun, perdebatan antara Komisi VI dengan panitia seleksi (pansel) hanya disebut sebagai dinamika demokrasi. 

"Setelah pemilihan komisioner tentu dilanjutkan dengan penyelesaian RUU Persaingan Usaha. Sekarang masih masa reses DPR, mungkin Mei 2018 akan sidang pembahasan RUU itu," tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kppu

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top