Survei Cyrus Network: PPP Partai Paling Dekat Dengan Umat

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dinilai sebagai partai yang paling dekat dengan umat Islam berdasarkan hasil survei Cyrus Network (CN) yang dirilis di Jakarta, Kamis (19/4/2018).
Newswire | 19 April 2018 22:37 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PPP M.Romahurmuziy. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -  Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dinilai sebagai partai yang paling dekat dengan umat Islam berdasarkan hasil survei Cyrus Network (CN) yang dirilis di Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Dikutip dari siaran pers, survei bertajuk "Pemetaan Pelung Capres dan Cawapres Menjelang Pemilihan Presiden 2019" itu menunjukkan 28,3% responden memilih PPP sebagai partai yang paling dekat dengan umat Islam.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berada di posisi kedua dengan 27,7 persen, diikuti oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mendapatkan 12%.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang selama ini dikenal sebagai partai nasionalis dipilih 3,1%  responden sebagai partai yang dekat dengan umat Islam, sedikit di atas Partai Bulan Bintang (PBB) yang mendapat 2,4%  dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang dipilih 2,2%  responden.

Dalam laporan yang disampaikan Cyrus Network (CN), survei ini dilakukan pada 27 Maret hingga 3 April di 34 provinsi seluruh Indonesia. Jumlah responden sebanyak 1.230 orang dengan persentase berimbang antara laki-laki dan perempuan, yaitu masing-masing 50%. Tingkat keyakinan sebesar 95 persen dengan batas kesalahan 3%.

Terkait dengan calon presiden, survei ini menempatkan Joko Widodo sebagai capres dengan elektabilitas tertinggi, yakni 58,5%, secara "top of mind". Sementara Prabowo Subianto mendapatkan 21,8%.

"Di benak publik, "top of mind" capres, Jokowi 58,5%, Prabowo 21,8%. Kesimpulan sementara Prabowo kompetitor Jokowi. Hanya Prabowo satu-satunya," kata Managing Director CN Eko Dafid Afianto.

Sementara saat simulasi lima nama, elektabilitas Jokowi mencapai 60,3%, Prabowo 24,1%, Gatot Nurmantyo 4,6%, Anies Baswedan 3%, dan Jusuf Kalla 2,3%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pilpres 2019

Sumber : ANTARA
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top