Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEPALA STAF KEPRESIDENAN, JENDERAL TNI (PURN) MOELDOKO: "Naluri Saya Sangat Tajam"

Bisnis.com, JAKARTA Kantor Staf Presiden menjadi perpanjangan telinga Kepala Negara untuk menyerap keinginan masyakarat. Selain itu, kantor ini juga mengelola isu-isu strategis nasional sehingga publik mendapatkan pemahaman yang tepat.nGuna mendapat gambaran bagaimana Kantor Staf Presiden menjalankan tugas dan mendukung keinginan pemerintah untuk meningkatkan investasi dan ekspor, Bisnis Indonesia berkesempatan mewawancarai Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. Berikut Petikannya:
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat menerima kunjungan tim Bisnis Indonesia, di Kantor Staf Presiden Jakarta, Jumat (6/4/2018)./JIBI-Dwi Prasetya
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat menerima kunjungan tim Bisnis Indonesia, di Kantor Staf Presiden Jakarta, Jumat (6/4/2018)./JIBI-Dwi Prasetya

2. Tak Bijak Mengeksploitasi SARA sebagai Komoditas Politik

Namun, mengapa sekarang ini situasinya seperti hendak perang lagi mendekati Pilpres 2019?

Nah, ini yang perlu dilihat dengan tajam. Memang pada saat berprosesnya pesta demokrasi kita menikmati. Semua orang memiliki partisipasi politik yang sangat tinggi. Semua orang ingin menjadi bagian dari sebuah peristiwa. Ini bagus sekali menurut saya.

Dalam demokratisasi, berprosesnya sebuah demokrasi sangat bagus. Yang lebih bagus lagi begitu selesai peristiwa itu, yang terjadi adalah enggak ada darah, semuanya oke-oke saja, biasa. Enggak seperti yang kita pikirkan akan terjadi sesuatu. Ini kondisi yang sangat bagus.

Hanya yang tidak bagus itu, kita mengenali adanya hoax, ujaran kebencian dan lainnya. Ini sesuai dengan hasil survei yang mengatakan bahwa orang-orang yang bermain media sosial itu kurang lebih 91,8% berkutat pada aspek politik. Yang rawan lagi adalah 88,6% bermain di area SARA.

Ini yang mesti kita semua waspada. Kalau politik okelah, itu dinimika sebuah bangsa demokrasi, tapi SARA ini menurut saya kondisi yang paradoks.

Mengapa Anda katakan paradoks?

Dulu kita berbicara SARA saja sudah enggak nyaman, tapi sekarang justru SARA menjadi komoditas politik yang paling laku dalam menggerakan isu yang populis.

Menurut saya sangat tidak bijak, siapapun, apalagi dia seorang calon bupati, gubernur, atau calon yang lain. Sangat tidak bijak kalau memainkan SARA menjadi sebuah instrumen yang menggerakkan karena akan memakan dirinya sendiri. Begitu dia jadi, itu menjadi buah simalakama bagi yang bersangkutan.

Pendekatannya seperti apa yang dilakukan pemerintah untuk menangani isu SARA?

Preventif cukup bagus, bagaimana kita mengadakan sosialisasi. Presiden dalam setiap pengarahan kepada masyarakat selalu bercerita hasil kunjungan perjalanan berisiko ke Afganistan.

Presiden Afganistan mengatakan hati-hati Pak Jokowi, negara Anda adalah negara yang besar, terdiri dari banyak suku dan pulau dan lainnya. Negara kami hanya tujuh suku, dua suku berkelahi. Masing-masing membawa teman tapi 40 tahun enggak selesai.

Ini pelajaran yang sangat bagus dan saya dalam setiap kunjungan selalu menyampaikan hal yang sama, pesan presiden itu, sehingga masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi dan memiliki kewaspadaan.

Selama ini, kita cukup kendur dalam hal kewaspadaan. Begitu orang bicara kewaspadaan, wah lu enggak reformis. Akhirnya semua orang takut bicara kewaspadaan. Padahal coba ke Jerman, Prancis, kewaspadaannya sangat tinggi karena hampir semua orang di sana memiliki kesadaran bernegara yang lebih tinggi daripada kita.

Apakah cukup hanya dengan sosialisasi untuk menangani isu SARA?

Berikutnya meningkat lagi, bagaimana kepolisian dan petugas keamanan melakukan sosialisasi yang lebih intens. Pada tahapan terakhir harus disikat. Enggak ada cerita. Enggak boleh lagi kita toleransi terhadap situasi itu.

MCA [Muslim Cyber Army] itu harus diembat, enggak ada cerita. Saya enggak bicara Islami [tentang keislaman], muslimnya, tetapi perilaku jahatnya [MCA] itu yang perlu diperangi. Menggunakan Muslim Cyber Army, saya sebagai orang muslim, memang elu sendiri yang muslim?

Saya juga tersinggung, muslim dipakai sebagai alat yang negatif. Saya tegaskan harus keras, enggak boleh lagi negara lemah menghadapi situasi itu. Efek jeranya harus ditimbulkan karena kalau tidak, survei menyebutkan 44% masyarakat Indonesia setiap hari menerima berita hoax.

Ada juga yang mengatakan 80% anak mudah pesimistis melihat masa depan karena setiap hari dia mendapatkan berita yang tidak baik. Coba bayangkan, efek berikutnya perpecahan, bahaya. Harus keras itu. Enggak ada cara lain, begitu tahapannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper