ASEAN-Australian Special Summit 2018: Indonesia-Australia Tanda Tangani Kesepakatan Maritim

Pemerintah Indonesia dan Australia menandatangani kesepakatan kerja sama maritim yang tertuang dalam Maritime Plan.
Deliana Pradhita Sari | 16 Maret 2018 06:19 WIB
Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Indonesia Desra Percaya (kiri), Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Australia Julie Bishop, dan Deputi Sekretaris untuk Asia Pasifik Grup Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia Richard Maude berfoto bersama usai menandatangani kesepakatan Maritime Plan di Sydney, Australia, Jumat (16/3). - Bisnis/Deliana Pradhita Sari

Bisnis.com, SYDNEY -- Pemerintah Indonesia dan Australia menandatangani kesepakatan kerja sama maritim yang tertuang dalam Maritime Plan.

Kedua negara akan memperkuat sektor maritim dari sisi pertahanan. Maritime Plan di antaranya membahas tentang penangkapan ikan ilegal, penyelundupan obat terlarang dan pencegahan pencemaran air laut.

Perjanjian bilateral ini ditandatangani oleh Deputi Sekretaris untuk Asia Pasifik Grup Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia Richard Maude dan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Indonesia Desra Percaya di Sydney, Australia, Jumat (16/3/2018). 

Aksi penandatangan ini disaksikan langsung oleh Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Australia Julie Bishop beserta Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Lestari Marsudi.

Maritime Plan, secara komprehensif, akan dibahas mendalam dalam rangkaian ASEAN-Australia Special Summit 2018. Konferensi tingkat tinggi yang mempertemukan negara-negara ASEAN dengan Australia itu digelar pada 16-18 Maret 2018 di Sydney. 

Dalam ASEAN-Australia Special Summit 2018, Indonesia dan Australia akan dipertemukan kembali pada diskusi 2+2. Presiden Indonesia Joko Widodo turut dijadwalkan hadir dalam konferensi tingkat tinggi ini. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
indonesia-australia

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top